//

KEEFEKTIFAN CAMPURAN EKSTRAK BAWANG PUTIH DAN DAUN MIMBA UNTUK MENGENDALIKAN KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA LAMARCK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HARDIKA AZMI SOLIN - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS-PHARMACOGNOSY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Abstrak. Keong mas merupakan salah satu hama utama pada pertanaman padi yang menyerang sejak dari pembibitan sampai tanaman berumur 1 bulan. Tumbuhan yang berpotensi sebagai molusisida nabati untuk mengendalikan keong mas antara lain umbi bawang putih (Allium sativum L) dan Mimba (Azadirachta indica Juss). Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan konsentrasi yang efektif dari campuran ekstrak bawang putih dan daun mimba dalam mengendalikan keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck). Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial yang terdiri dari 6 tingkatan perlakuan dan diulang sebanyak 4 kali sehingga didapat 24 percobaan. Aplikasi Ekstrak Bawang Putih, Daun mimba dan Niclosan dilakukan dengan cara di masukkan ke dalam ember perlakuan dengan konsentrasi ekstrak bawang putih 1 g/10 ml aquades, ekstrak daun mimba 1 g/10 ml aquades, ekstrak bawang Putih 0,5 g + Ekstrak daun mimba 0,5 g/10 ml aquades, ekstrak bawang Putih 0,25 g + ekstrak daun mimba 0,75 g/10 ml aquades, ekstrak bawang putih 0,75 g + ekstrak daun mimba 0,25 g/10 ml aquades dan Niclosamida 0,5 ml/10 ml aquades. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi campuran ekstrak bawang putih dan daun mimba serta niclosan berpengaruh terhadap mortalitas keong mas, penghambatan makan dan kecepatan waktu kematian Persentase mortalitas keong mas tertinggi terdapat pada perlakuan tunggal 1 g ekstrak daun mimba sebesar 95,31% dan terendah pada perlakuan tunggal 1 g ekstrak bawang putih. Persentase penghambatan makan tertinggi terdapat pada perlakuan tunggal 1 g ekstrak bawang putih dan yang terendah pada perlakuan campuran 0,75 g ekstrak bawang putih dan 0,25 g ekstrak daun mimba, sedangkan Kecepatan waktu kematian keong mas setelah aplikasi perlakuan tunggal 1 g ekstrak bawang putih lebih cepat dibandingkan dengan perlakuan lainnya, kecuali pada perlakuan Niclosan. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tunggal ekstrak daun mimba lebih efektif dibandingkan aplikasi secara campuran. Kata Kunci : Ekstrak bawang putih, ekstrak daun mimba, Pomacea canaliculata L, molusisida nabati.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI TOKSISITAS EKSTRAK DAUN KIRINYUH (EUPATORIUM ODORATUM L.) TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) (Nurhasbah, 2016)

KEEFEKTIFAN BEBERAPA MOLUSISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) (Munawar, 2015)

PENGENDALIAN HAMA KEONG MAS (POMACEACANALICULATA)RNDENGAN EKSTRAK KUNYIT KETUMBU (CURCUMA MANGGA)RNDI PERSAWAHAN GAMPONG LAMPUUK KECAMATAN KUTA BARORNKABUPATEN ACEH BESAR (Fitriani, 2014)

UJI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA LAMARCK) PADA PADI SAWAH DENGAN MENGGUNAKAN RENDAMAN AIR KAPUR SIRIH (CACO3) DAN EKSTRAK DAUN UBI KARET (MANIHOT GLAZIOVII M.A.) (Devi Handayani, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN KUWE (CARANX IGNOBILIS) (M. ZAIYANI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy