//

PERANCANGAN ALAS KAKI KESEHATAN UNTUK PENDERITA DIABETES MELITUS MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN ANTROPOMETRI (STUDI KASUS DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Irfan - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

PERANCANGAN ALAS KAKI KESEHATAN UNTUK PENDERITA DIABETES MELITUS MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN ANTROPOMETRI (STUDI KASUS DI KOTA BANDA ACEH) ABSTRAK Luka merupakan penyebab utama amputasi pada penderita diabetes melitus khususnya kaki. Sekitar 15% penderita diabetes melitus akan mengalami komplikasi berupa ulkus dan 85% amputasi non traumatik disebabkan oleh ulkus diabetika yang tidak sembuh. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Repulik Indonesia tahun 2014, jumlah penderita diabetes di Aceh berjumlah 57.188 jiwa dari total jumlah penduduk Aceh yang berusia 14 tahun ke atas berjumlah 3.177.085 jiwa. Berdasarkan data tersebut, Aceh termasuk dalam 10 besar provinsi di Indonesia dengan jumlah penderita diabetes terbesar di Indonesia. Permasalahan yang terjadi pada penderita diabetes melitus di Indonesia khususnya Kota Banda Aceh yaitu sulit mendapatkan ukuran alas kaki yang sesuai bagi penderita diabetes melitus. Hal ini menyebabkan kemungkinan terjadinya luka pada kaki penderita diabetes semakin tinggi. Sehingga perlu adanya desain alas kaki yang sesuai bagi penderita diabetes melitus. Di dalam penelitian ini digunakan metode Kansei engineering dan antropometri dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Computer Aided Design (CAD) untuk melakukan perancangan desain alas kaki yang sesuai bagi penderita diabetes melitus di kota Banda Aceh. Hasil yang diperoleh berupa rekomendasi desain tiga ukuran alas kaki kesehatan yaitu small (S) dengan panjang telapak kaki 23 cm, medium (M) dengan panjang telapak kaki 25 cm, dan large (L) dengan panjang telapak kaki 27 cm. Kata kunci: Diabetes Melitus, Ulkus Diabetika, Alas Kaki Diabetes, Kansei Engineering, Antropometri.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INOVASI KACAMATA UNTUK PENDERITA DIABETES MELITUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS: KOTA BANDA ACEH) (RAHMA ALMIRA, 2018)

PROFIL RETINOPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (Uzi Mardha Phoenna, 2014)

PERANCANGAN SARUNG TANGAN UNTUK PENDERITA PASCA STROKE DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS DI KOTA BANDA ACEH) (AKBARUL KARIM, 2019)

PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PENCEGAHAN PENYAKIT PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DI KECAMATAN PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN (YUNI FAJRI, 2014)

EFEKTIFITAS PROGRAM EDUKASI PERAWATAN KAKI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERAWATAN KAKI PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE II DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUAK RIBEE KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2014 (HELMI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy