//

ADAPTASI SOSIAL LANSIA DI PANTI JOMPO UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG GAMPONG LAMGLUMPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANDA MUSTIKE - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ADAPTASI SOSIAL LANSIA DI PANTI JOMPO UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG GAMPONG LAMGLUMPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH Panti Jompo merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengatasi masalah kesejahteraan sosio-ekonomi lansia. Salah satu panti jompo yang berada di Kota Banda Aceh adalah Panti Sosial UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang. Lansia yang berada di panti Jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang memiliki perbedaan satu sama lainnya baik dari segi: krakteristik, adat istiadat, bahasa, suku yang berbeda. Maka, keberadaan lansia di panti jompo membutuhkan proses adaptasi sosial, lansia baru harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan di panti. Adaptasi sosial merupakan penyesuaian diri individu dengan lingkungan sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana lansia menjalani dan mengalami kehidupan di panti jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adaptasi sosial lansia di panti jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori fenemonologi oleh Alfred Schutz. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis metode purposive sampling, dengan melakukan observasi dan wawancara sebagai tehnik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses adaptasi sosial yang dilakukan oleh lansia ialah: berkenalan dengan lansia lama, sikap ramah, melakukan interaksi, dan mengikuti kegiatan yang di buat oleh panti. Selanjutnya adapun tindakan lansia untuk mengurangi kesalahpahaman diantara sesama lansia di lingkungan panti adalah dengan cara saling mengerti, dan berdiam diri. Kata Kunci : Adaptasi Sosial, Lansia, Panti Jompo.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN STATUS FUNGSIONAL LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN YANG TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MUHAMMAD RIZAL, 2016)

GAMBARAN STRESSOR PADA LANSIA YANG TINGGAL DI RUMAH BERSAMA KELUARGA DAN DI UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2012 (ZUHAIRA F, 2014)

KONDISI PSIKOLOGIS LANSIA YANG DEPRESI DAN UPAYA PENANGANANNYA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MAULA ARIFA, 2018)

PROFIL PENGHUNI PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Rahmad Wijaya, 2019)

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy