Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER DI KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH
Pengarang
Nita Juliana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306104040015
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Juliana, Nita. 2017. Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Penerapan
Teori Belajar Bruner di kelas IVSD Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1)Drs. Fauzi, M.Pd.,
(2) Drs. Awaluddin, M.Pd.
Kata kunci: kemampuan, operasi hitung bilangan bulat, teori belajar bruner
Setiap anak didik memiliki potensi yang berbeda sehingga kemampuan dalam
memahami konsep tentang matematika itu akan berbeda. Kemampuan dasar
matematika ditanamkan sejak dini, mulai dari anak-anak mengenal benda konkrit
selanjutnya mempelajari konsep matematika itu sendiri. Menurut pendapat Bruner
setiap manusia akan dapat mempelajari dan memahami materi matematika bila
dipelajari secara bertahap.Semua aspek tersebut merupakan aspek-aspek yang
dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran matematika.Penelitian ini mengangkat
masalah“apakah siswa mampu menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat
melalui Penerapan Teori Belajar Brunner di kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa
melalui penerapan teori belajar Bruner operasi hitung bilangan bulat di kelas IVa SD
Negeri 2 Banda Aceh. Hipotesis dari penelitian yaitu siswa mampu memahami
Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Penerapan Teori Belajar Bruner di kelas IVa
SD Negeri 2 Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif.
Dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan design one-shot case study.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh.
Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random
sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVa SD Negeri 2 Banda
Aceh yang berjumlah 37 orang.
Pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen tes dilakukan
denganposstest (sesudah diberi perlakuan). Uji analisis menggunakan uji normalitas,
dan uji hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik uji-t pada taraf
5% (? = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ?????????????????????????>???????????????????????? yaitu 4,41> 1,67.
Dengan demikian tolak H0 dan terima H1, hipotesis yang berbunyi: “siswa mampu
menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Penerapan Teori Belajar
Bruner di kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh”, dapat diterima.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 56 BANDA ACEH (Nuril Khalis Rizal, 2021)
APLIKASI TEORI BRUNER PADA MATERI PEMBAGIAN BILANGANRNUNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 10 BANDA ACEH (agus elvida, 2014)
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT RNKELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH (meutia, 2015)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE
DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)
EKSPLORASI PENGUASAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT (DESVIA ANANDA, 2022)