//

MODE BUSANA PERNIKAHAN ISLAMI YANG SESUAI DENGAN SYARIAT ISLAM DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nadia Fhonna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Cut Nadia Fhonna. 2017. Mode Busana Pernikahan Yang Sesuai Dengan Syariat Islam di Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Mukhirah, M. Pd., (2) Dra. Fitriana, M. Si. Kata kunci : Busana Pernikahan, Syariat Islam. Dalam mensosialisasikan syariat Islam, setiap wanita Aceh diharapkan menunjukan busana yang memenuhi syarat-syarat busana muslimah dalam setiap kegiatan termasuk pada acara pernikahan. Namun yang terjadi saat ini banyak wanita-wanita Aceh belum sepenuhnya menerapkan busana yang dituntun oleh syariat Islam secara benar. Dalam Islam busana yang dianjurkan adalah busana yang menutupi aurat, dari ujung rambut hingga ujung kaki, serta tidak transparan, tidak membentuk lekuk tubuh, dan tidak berjuntai. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui busana pernikahan yang sesuai dengan syariat Islam di Banda Aceh ; (2). Pembuatan busana pernikahan Islami yang sesuai dengan sayriat Islam di Banda Aceh Dalam penelitian ini Metode yang digunakan adalah metode eksperimen terapan (applied research), dilakukan dilaboraturiun Tata Busana FKIP Unsyiah, dengan membuat sebuah busana pernikahan yang sesuai dengan syariat Islam di Banda Aceh. Pembuatan busana pernikahan penelitian ini adalah membuat satu set sepasang busana pernikahan pengantin wanita yang terdiri dari kebaya modifikasi dan rok sarung. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan yang tidak transparan sehingga tidak menerawang. Busana pernikahan ini tidak ketat atau membentuk tubuh si pemakai, hijab yang digunakan juga menutup bahagian dada sehingga memenuhi syarat-syarat berbusana dalam syariat Islam dan qanun Aceh. Busana pernikahan yang sesuai dengan syariat Islam di Banda Aceh sesuai dengan qanun Aceh dimana busana pernikahan tersebut harus menutupi seluruh bagian tubuh, serta longgar tidak membungkus tebuh dan tidak menyuntai menyerupai busana wanita non muslim.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN MODE BUSANA PERNIKAHAN GAYA BARAT BAGI PENGANTIN WANITA ACEH (Murniah, 2014)

GAYA BUSANA PRE WEDDING POPULER DI KALANGAN CALON PENGANTIN ACEH (ZURRIYYATINA MEUTIA, 2018)

PERAN WILAYATUL HISBAH DALAM MEWUJUDKAN BUSANA ISLAMI PADA PEMBUATAN VIDEOKLIP LAGU ACEH (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Syafridawati, 2016)

PERILAKU REMAJA PUTRI ACEH DALAM BERBUSANA GAUL DI KOTA BANDA ACEH (Rahmawati, 2016)

PENGARUH PERKEMBANGAN MODE BUSANA BAGI REMAJA PUTRI (Ainul Mardiah, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy