//

ANALISIS PENENTUAN SEKTOR UNGGULAN KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IBNU ABBAS, ST - Personal Name
SubjectINCOME
ECONOMIC DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sektor unggulan perekonomian Kabupaten Pidie sebagai bahan masukan bagi perencanaan pembangunan ekonomi daerah di Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Pidie dan Provinsi Aceh periode 2002-2016 yang dibagi dalam tiga waktu pengamatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Location Quotient (LQ), Shift-Share dan Klassen Tipology. Sektor unggulan dapat ditentukan dengan mengabungkan hasil ketiga alat analasis yaitu sektor basis, yang maju, berdaya saing dan tumbuh pesat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pada waktu sebelum pemekaran Kabupaten Pidie periode 2002-2006, yang menjadi sektor unggulan di Kabupaten Pidie adalah sektor pertanian. Pada waktu setelah pemekaran Kabupaten Pidie periode 2007-2011, yang menjadi sektor unggulan adalah sektor jasa - jasa. Sedangkan setelah perubahan sektor PDRB periode 2012-2016, yang menjadi sektor unggulan di Kabupaten Pidie adalah sektor perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor dan sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial. Kebijakan pemerintah yang tepat sasaran sangat diharapkan dalam mendorong tumbuhnya investasi di sektor-sektor basis yang maju namun tidak berdaya saing yang akan meningkatkan konstribusi sektor tersebut dalam PDRB dan mendorong pertumbunan ekonomi daerah di masa yang akan datang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (T Syarifuddin, 2018)

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Gebrina Rizky, 2016)

IDENTIFIKASI PUSAT-PUSAT PERTUMBUHAN EKONOMI PADA TINGKAT KECAMATAN DI KABUPATEN PIDIE JAYA PROVINSI ACEH (SAIFUL BAHRI, 2021)

KETERKAITAN SEKTOR UNGGULAN DI PROVINSI ACEH: PENGARUHNYA TERHADAP PENGEMBANGAN PERKOTAAN (MUHAMMAD FAZIL, 2016)

ANALISIS PERAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN DAERAH DI KABUPATEN ACEH BESAR (PENDEKATAN LOCATION QUOTIENT DAN SHIFT SHARE ANALYSIS) (NABILA UMAMI OCTARIYADI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy