PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT


Pengarang

Anggi Oktarina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103040018

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Reseacrh and Development (R&D), android, aplikasi E-Lite
Telah dilakukan Penelitian tentang “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis android untuk materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang memudahkan peserta didik dalam belajar mandiri.Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah kuala dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Kimia FKIP Unsyiah yang berjumlah 50 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan dalam pengembangan aplikasi E-Lite meliputi, analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dalam tahap pengembangan, aplikasi E-Lite terlebih dahulu divalidasi oleh 2 validator ahli materi, setelah valid, aplikasi E-Lite dinilai oleh validator ahli media yang berjumlah 3 orang, lalu aplikasi E-Lite diuji coba oleh responden dan responden memberi tanggapan melalui penilaian angket System Usability Scale (SUS). Aplikasi yang dikembangkan berisi tentang materi, game, quiz, dan video. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan media oleh validator ahli materi dan media sebesar 96,25% dan persentase kelayakan media oleh validator ahli media sebesar 83%. Adapun persentase penilaian angket System Usability Scale (SUS) terhadap aplikasi E-Lite yaitu, 56% responden memberi kriteria “Sangat baik”, 36% memberi kriteria “Baik” dan 8% memberi kriteria “Cukup”. Berdasarkan data-data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi E-Lite yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK