ANALISIS KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI SISWA SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI SISWA SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA


Pengarang

Nurul Husna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103040051

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Multi representasi, submikroskopik, makroskopik, simbolik
Telah dilakukan penelitian dengan judul “Analisis Kemampuan Multi Representasi Siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh Pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan multi representasi siswa dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan multi representasi siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh pada sekolah akreditasi A dan sekolah akreditasi B. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, di mana semua anggota populasi yang digunakan sebagai sampel penelitian yaitu enam sekolah SMP yang terdiri dari tiga sekolah SMP akreditasi A dan tiga sekolah SMP akreditasi B. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda beralasan (two-tier multiple choice) sebanyak 15 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi submikroskopik sebesar 61,00% (kategori tingkat pemahaman cukup), kemampuan representasi makroskopik sebesar 56,83% (kategori tingkat pemahaman cukup) dan kemampuan representasi simbolik sebesar 55,22% (kategori tingkat pemahaman kurang). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan multi representasi siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh berada pada kategori tingkat pemahaman cukup dengan persentase 57,68%. Dari hasil analisis statistik terdapat perbedaan kemampuan multi representasi siswa pada sekolah akreditasi A dan sekolah akreditasi B.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK