//

ANALISIS KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI SISWA SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Husna - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Multi representasi, submikroskopik, makroskopik, simbolik Telah dilakukan penelitian dengan judul “Analisis Kemampuan Multi Representasi Siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh Pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan multi representasi siswa dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan multi representasi siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh pada sekolah akreditasi A dan sekolah akreditasi B. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, di mana semua anggota populasi yang digunakan sebagai sampel penelitian yaitu enam sekolah SMP yang terdiri dari tiga sekolah SMP akreditasi A dan tiga sekolah SMP akreditasi B. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda beralasan (two-tier multiple choice) sebanyak 15 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi submikroskopik sebesar 61,00% (kategori tingkat pemahaman cukup), kemampuan representasi makroskopik sebesar 56,83% (kategori tingkat pemahaman cukup) dan kemampuan representasi simbolik sebesar 55,22% (kategori tingkat pemahaman kurang). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan multi representasi siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh berada pada kategori tingkat pemahaman cukup dengan persentase 57,68%. Dari hasil analisis statistik terdapat perbedaan kemampuan multi representasi siswa pada sekolah akreditasi A dan sekolah akreditasi B.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEHRNTAHUN AJARAN 2013/2014 (Tri Aisyah Sutari, 2014)

PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 12 BANDA ACEH PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA (Erni Fadila, 2018)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN DENGAN KONTEKS KEPRAMUKAAN DI SMPN 8 BANDA ACEH (SUAIBATUL ASLAMIAH, 2019)

THE TEACHER'S EFFORTS IN BUILDING STUDENTS MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH (A QUALITATIVE STUDY AT SMP METHODIST BANDA ACEH) (Mutiarani, 2017)

PERBANDINGAN PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS MULTI REPRESENTASI DENGAN BUKU TEKS PADA MATERI ASAS BLACK DITINJAU DARI RETENSI SISWA DI SMAN 1 KUALA (MIRZATULLAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy