//

PEMANFAATAN TEMPURUNG KELAPA UNTUK PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN DI USAHA BATOK CRAFT ABDYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANA SURIANA - Personal Name
SubjectHANDICRAFT - INDUSTRIES ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nana Suriana. 2017. Pemanfaatan Tempurung Kelapa untuk Pembuatan Kerajinan Tangan di Usaha Batok Craft Abdya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd., (2) Dra. Fitriana, M.Si. Kata kunci : Tempurung Kelapa, Kerajinan Tangan, Usaha Batok Craft Abdya Kerajinan tangan adalah suatu karya yang dibuat dari kreasi atau kemampuan seseorang sehingga menghasilkan sebuah produk yang menarik dan memiliki nilai estetika bahkan nilai jual yang tinggi. Kerajinan dari bahan alam merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan alam atau bahan dasarnya bersumber dari alam salah tempurung kelapa. Kerajinan tangan dari tempurung kelapa dapat dijadikan suatu peluang usaha yang berpotensi bagus dan sangat menguntungkan. Usaha Batok Craft Abdya adalah salah satu usaha yang menghasilkan kerajinan dari tempurung kelapa yang berlokasi di Gampong Kepala Bandar Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya adalah sebuah tempat usaha yang memanfaatkan tempurung kelapa sebagai bahan baku utama untuk pembuatan kerajinan tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk-produk yang paling diminati konsumen pada Usaha Batok Craft Abdya, proses pembuatan kerajinan tangan dari tempurung kelapa dan mengetahui kiat-kiat pengusaha untuk mempertahankan daya tarik konsumen terhadap benda yang dihasilkan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengelola Usaha Batok Craft Abdya dan dua karyawannya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreasi benda yang paling banyak diminati oleh konsumen yaitu asbak, celengan, lampu hias dan cangkir. Kiat-kiat yang dilakukan pengusaha untuk mempertahankan daya tarik konsumen adalah dengan mempertahankan mutu dan kualitas serta memperbanyak model/kreasi benda yang dihasilkan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN BATOK KELAPA DI GAMPONG UJONG KAREUNG KECAMATAN SUKAJAYA, SABANG, 2005-2017 (Ika Nadia Lestari, 2017)

KERAJINAN LIMBAH KELAPA DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGAKABUPATEN ACEH BESAR (Cut Wilisa, 2018)

ANALISIS PENDAPATAN DAN NILAI TAMBAH INDUSTRI RUMAH TANGGA KELAPA GONGSENG DI UD. BINA USAHA DESA LADONG KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (NURLELA, 2015)

TINJAUAN PENGGUNAAN SERBUK ARANG TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (zulfikar, 2014)

PROFIL BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) “SEJAHTERA BERSAMA” DI GAMPONG LAMPALOH KOTA BANDA ACEH (Melda Sari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy