//

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR SETELAH BEROPERASI SUZUYA MALL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HARITS FEBIRANDA - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kemacetan lalu-lintas merupakan suatu kejadian rutin yang terjadi di kota-kota Indonesia termasuk Banda Aceh. Salah satu lokasi rawan kemacetan yaitu ruas Jalan Teuku Umar Seutui, Banda Aceh. Pada lokasi ini terdapat pusat perbelanjaan dan kawasan pertokoan. Pada ruas jalan ini juga terdapat kendaraan yang parkir di badan jalan yang mengakibatkan kapasitas jalan berkurang. Tujuan penelitian ini adalah meninjau derajat kejenuhan pada ruas Jalan Teuku Umar khususnya di segmen Suzuya Mall. Adapun ruas jalan yang ditinjau dengan panjang ± 60 m dan lebar per lajur 3,00 m. Tinjauan ini dilakukan dengan menggunakan MKJI 1997. Data volume lalu-lintas, hambatan samping, kecepatan dan geometrik jalan didapat langsung dari survey di lapangan selama tiga hari pengamatan, yaitu hari Jumat pada tanggal 8 September 2017, Sabtu pada tanggal 9 September 2017 dan Minggu pada tanggal 10 September 2017, pengamatan dilakukan pada jam sibuk di segmen jalan depan Suzuya Mall pukul 14.00 – 21.30 WIB. Data sekunder meliputi peta kota Banda Aceh dan jumlah penduduk kota Banda Aceh didapat dari Instansi terkait. Dari hasil penelitian pada hari Sabtu didapatkan volume lalu-lintas 3480,2 smp/jam, hambatan samping 316,3 kej/jam, kapasitas 3893,67 smp/jam, kecepatan arus bebas 47,196 km/jam, kecepatan tempuh 10,34 km/jam, derajat kejenuhan 0,89, hal ini dikarenakan hari Sabtu merupakan hari weekend, banyak orang yang melewati jalan tersebut menuju kota maupun mengunjungi Suzuya Mall. Berarti bahwa kinerja jalan berdasarkan derajat kejenuhan digolongkan tidak baik karena tidak sesuai dengan syarat MKJI yaitu DS>0,75 Kata Kunci : Kinerja Jalan, Derajat Kejenuhan, MKJI 1997

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KARAKTERISTIK KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI SUZUYA MALL KOTA BANDA ACEH. (JUMADIN, 2017)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS PEMBANGUNAN MALL SUZUYA DI JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI – BANDA ACEH) (MUHAJIR, S.T, 2014)

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR SETELAH BEROPERASI SUZUYA MALL BANDA ACEH (HARITS FEBIRANDA, 2018)

ANALISIS KINERJA JALAN DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) AKIBAT PARKIR DI BADAN JALAN (STUDI KASUS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH) (Cut Irmayanti, 2015)

PENGARUH MANUVER KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENURUNAN KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH (YUSMADI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy