//

STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI UKM MINYEUK PRET DESA LAM ARA KECAMATAN BANDA RAYA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Ridha Rizky - Personal Name
SubjectECONOMIC DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Provinsi Aceh merupakan penghasil minyak nilam terbaik diseluruh dunia karena mutunya diakui di tingkat Internasional. Minyak nilam banyak dibutuhkan oleh berbagai industri di berbagai belahan dunia salah satunya sebagai bahan baku dalam pembuatan parfum. Usaha peracikan minyak nilam menjadi parfum skala industri rumah tangga terdapat di kota Banda Aceh yang diusahakan oleh UKM “Minyeuk Pret”. Besarnya permintaan terhadap produksi parfum dan keterbatasan modal oleh UKM Minyeuk Pret menjadi permasalahan yang harus dihadapi Penelitian strategi pengembangan agroindustri UKM Minyeuk Pret bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal apa yang mempengaruhi pengembangan agroindustri, serta untuk mengetahui strategi pengembangan yang menjadi alternatif pada UKM Minyeuk Pret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi faktor kunci internal pada kekuatan yang dimiliki adalah sumberdaya manusia berkompeten, manajemen usaha yang teratur, produk yang dihasilkan berkualitas, jaringan pemasaran luas dan baik, produk unggulan, memiliki inovasi varian wangi dan faktor kunci internal pada kelemahan terdiri dari permodalan yang masih kurang, keterbatasan bahan baku, kapasitas produksi yang terbatas, lokasi usaha kurang strategis, dan teknologi kurang modern. Faktor eksternal pada peluang adalah pangsa pasar yang besar, adanya dukungan pemerintah, permintaan pasar tinggi, komunikasi dengan konsumen, tidak adanya pesaing produk sejenis, kondisi lingkungan yang kondusif aman dan faktor eksternal pada ancaman terdiri dari hubungan dengan pemasok, harga bahan baku terus meningkat, ekonomi masyarakat belum stabil, produk subsitusi dan keadaan iklim yang mempengaruhi bahan baku. Strategi yang dapat diterapkan UKM Minyeuk Pret dalam pengembangan usahanya berdasarkan hasil analisis SWOT berada pada kuadran I yang berarti strategi agresif (strategi SO) yaitu strategi memperluas jaringan pemasaran dengan pemanfaatan pangsa pasar dan strategi penetrasi pasar dengan meningkatkan mutu/kualitas produk dan terdapat 5 strategi pengembangan berdasarkan prioritas analisis QSPM, yaitu : 1) meningkatkan kapasitas produksi dengan menambah permodalan; 2) memperluas jaringan pemasaran; 3) menciptakan inovasi baru dan produk turunan; 4) melakukan penetrasi pasar; dan 5) menjaga kerjasama dan hubungan dengan berbagai pihak terkait.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KELAYAKAN USAHA MINYEUK PRET DI DESA LAM ARA KECAMATAN BANDA RAYA KOTA BANDA ACEH (CUT ANLY TRITAMA, 2018)

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK EKSPOR PARFUM MINYEUK PRET “ACEH AUTHENTIC PERFUME” (STUDI PT. YAKIN BERSAMA JAYA) (DAUDY SUKMA, 2019)

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND LOKAL ACEH DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI BANDA ACEH (STUDI DESKRIPTIF PADA PRODUK IJA KROENG DAN MINYEUK PRET) (Muhammad Khalil, 2019)

ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KEMIRI (ALEURITES MOLUCCANA) DI DESA IE SUUM KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (HIKMAH WAHYUNI, 2020)

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI NILAM ACEH (STUDI KASUS PADA KOPERASI INOVASI NILAM ACEH/INOVAC) (Danil Afdhalul Rizki, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy