//

PENGARUH LAJU REGANGAN TERHADAP SIFAT MEKANIK BAJA PADUAN RENDAH AISI 1005 AKIBAT PENGARUH PENGELASAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khalid Akbary - Personal Name
SubjectSTELL
WELDING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pengelasan merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pertumbuhan industri manufaktur. Hasil proses pengelasan dapat mempengaruhi sifat mekanik logam. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh laju regangan baja karbon AISI 1005 akibat pengaruh pengelasan. Baja karbon rendah dilas menggunakan metode Shield Metal Arc Welding (SMAW) dengan menggunakan elektroda E6013 diameter 2,5 mm. Jenis kampuh yang digunakan adalah V ganda dengan sudut kampuh 120° dan posisi pengelasan menggunakan 1 G. Uji tarik dilakukan untuk mengatahui sifat mekanik baja dalam variasi laju regangan mewakili jenis beban yang akan diterima. Pengujian dilakukan dengan laju regangan mm/menit, 9 mm/menit, 15 mm/menit dan 20 mm/menit. Dari hasil pengujian didapatkan, setiap laju regangan sifat mekanik baja akan meningkat terjadi pada laju regangan 20 mm/menit memiliki nilai kekuatan tarik maksimum 447.67 MPa dan kekuatan luluh 362.94 MPa memiliki nilai tertinggi sedangkan yang terendah terjadi pada laju regangan 3 mm/menit. Pengamatan makro terhadap permukaan patahan menunjukkan hasil patah ulet. Pemeriksaan permukaan patahan menggunakan SEM memberikan hasil pada laju regangan 3 mm/menit, 15 mm/menit dan 20 mm/menit memiliki void yang kecil yang terbentuk lebih banyak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LAJU REGANGAN TERHADAP SIFAT MEKANIK BAJA PADUAN RENDAH ASTM A36 (Muhibbur Rachman, 2016)

ANALISA KETANGGUHAN PADA DAERAH LAS HASIL PENGELASAN BAJA AISI 1018 DAN AISI 308 PASCA ANNEALING (Nazaruddin, 2020)

PERUBAHAN STRUKTUR MIKRO DAN KETANGGUHAN BAJA KARBON RENDAH AKIBAT PENGELASAN METODE SMAW (Jon Kadri Hamza, 2017)

PENGARUH ANNEALING PASCA PENGELASAN TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTURMIKRO PADA SAMBUNGAN AISI 1018 DAN AISI 308 (Kharisma Permana, 2018)

PENGARUH PERLAKUAN HARDENING DAN TEMPERING TERHADAP KEKERASAN DAN KETANGGUHAN BAJA PADUAN RENDAH (TEUKU IRVAN RAMADHAN, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy