//

HUBUNGAN SIKLUS KEMOTERAPI DENGAN STATUS GIZI PASIEN KANKER PAYUDARA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NATASYA PUTRI - Personal Name
SubjectCHEMOTHERAPY - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jumlah penderita kanker di dunia pada tahun 2012 tercatat sebanyak 14,1 juta jiwa. Dari data tersebut, sebanyak 11,8% merupakan penderita kanker payudara. Jumlah ini diperkirakan terus meningkat menjadi 23,9 juta jiwa penderita kanker pada tahun 2035. Keberhasilan terapi kanker dapat dinilai dari status gizi pasien. Tingginya frekuensi pasien dengan kanker payudara, banyaknya pasien yang menjalani kemoterapi, serta adanya pengaruh kemoterapi terhadap status gizi pasien yang berdampak pada tingkat kesembuhan pasien merupakan hal yang menarik bagi pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan siklus kemoterapi terhadap status gizi pasien kanker payudara serta untuk mencari tahu kelompok pasien kanker payudara yang paling rentan mengalami underweight. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional survey. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh pasien di kanker payudara yang menjalani kemoterapi di Ruang Rawat Inap Thursina 2 Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi dengan jumlah 100 pasien. Hasil penelitian didapatkan 69% pasien yang menjalani kemoterapi memiliki status gizi baik dan 32% pasien baru menjalani kemoterapi siklus pertama. Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman, didapatkan kekuatan korelasi bernilai sedang (r = -0,3) dengan tingkat kepercayaan sebesar 99%. Kesimpulannya, terdapat hubungan antara siklus kemoterapi dengan status gizi pada pasien kanker payudara di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Pasien yang paling rentan mengalami underweight adalah pasien yang telah menjalani kemoterapi sebanyak 5-6 siklus. Kata kunci : Kemoterapi, Status Gizi, Kanker Payudara.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KEMOTERAPI KANKER PAYUDARA DENGAN LEUKOSIT DI RUANG RAWAT INAP KEMOTERAPI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (GHINA KHALISHAH, 2017)

MOTIVASI PASIEN KANKER PAYUDARA DALAM MELAKUKAN KEMOTERAPI DI RUANG MAMPLAM III BLUD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Yulinar, 2014)

KARAKTERISTIK SPIRITUALITAS PASIEN KANKER DENGAN TINDAKAN KEMOTERAPI DI RUANG RAWAT INAP MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (juwita, 2014)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG SEDANG RNMENJALANI KEMOTERAPI DI RUANG RAWATRN INAP MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUMRN DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA RNACEH TAHUN 2014 (Benazir Fatimar Zuhra, 2014)

KUALITAS HIDUP PENDERITA RNKANKER PAYUDARA RNYANG MENJALANI KEMOTERAPI RNDI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH SEPTEMBER S.D OKTOBER 2011 (desti purnamasari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy