PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PHET) PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 9 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PHET) PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 9 BANDA ACEH


Pengarang

Zahratul Idami - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103040005

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : media physics education technology (PhET), hasil belajar, struktur atom

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Physics education technology (PhET) pada Materi Struktur Atom Terhadap Hasil Belajar peserta didik Kelas X SMA Negeri 9 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik 2) pengaruh penggnaan media PhET terhadap hasil belajar peserta didik 3) mendeskripsikan tanggapan peserta didik tentang penggunaan media PhET pada materi struktur atom. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 3 SMA Negeri 9 Banda Aceh Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pengukuran dengan tes tertulis, teknik komunikasi pada proses pembelajaran tentang tanggapan peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar angket tanggapan peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PhET dapat menjadikan hasil belajar peserta didik lebih baik dengan nilai thitung 8, 65. Ttabel 2,00 pada taraf signifikan (? = 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media PhET dengan tanpa meggunakan media PhET. Persentase aktivitas peserta didik kelas X MIPA 1 pertemuan pertama sebesar 72,08% dan pada pertemuan kedua sebesar 81,25%. Sementara pada kelas X MIPA 3 aktivitas peserta didik diperoleh 71,25% pada pertemuan pertama dan pertemuan ke dua meningkat menjadi 77,27%. Tanggapan peserta didik dengan penerapan pembelajaran media PhET pada materi struktur atom dengan persentase masing-masing adalah 77,93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media PhET pada materi struktur atom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK