//

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PHET) PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 9 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahratul Idami - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : media physics education technology (PhET), hasil belajar, struktur atom Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Physics education technology (PhET) pada Materi Struktur Atom Terhadap Hasil Belajar peserta didik Kelas X SMA Negeri 9 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik 2) pengaruh penggnaan media PhET terhadap hasil belajar peserta didik 3) mendeskripsikan tanggapan peserta didik tentang penggunaan media PhET pada materi struktur atom. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 3 SMA Negeri 9 Banda Aceh Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pengukuran dengan tes tertulis, teknik komunikasi pada proses pembelajaran tentang tanggapan peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar angket tanggapan peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PhET dapat menjadikan hasil belajar peserta didik lebih baik dengan nilai thitung 8, 65. Ttabel 2,00 pada taraf signifikan (∝ = 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media PhET dengan tanpa meggunakan media PhET. Persentase aktivitas peserta didik kelas X MIPA 1 pertemuan pertama sebesar 72,08% dan pada pertemuan kedua sebesar 81,25%. Sementara pada kelas X MIPA 3 aktivitas peserta didik diperoleh 71,25% pada pertemuan pertama dan pertemuan ke dua meningkat menjadi 77,27%. Tanggapan peserta didik dengan penerapan pembelajaran media PhET pada materi struktur atom dengan persentase masing-masing adalah 77,93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media PhET pada materi struktur atom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI STRUKTUR ATOM (Marina Fridayani, 2016)

PENGEMBANGAN LKPD PRATIKUM LABORATURIUM VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Wina Andriani, 2017)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MOLYMOD DARI PELEPAH SAGU PADA MATERI KARAKTERISTIK ATOM KARBON DI KELAS XI IA SMAN 8 BANDA ACEH (Syarlyanggri.sr, 2016)

ANALISIS HUBUNGAN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN BUKU TEKS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS LINTAS MINAT BIOLOGI SMAN DI KOTA BANDA ACEH (YUSRIATI, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Fauzan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy