PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Pengarang

Rahmi Yulis - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103040010

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, hasil belajar, aktivitas siswa,
tanggapan siswa, hukum dasar kimia
Telah dilakukan penelitian “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking
Stick pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif
tipe talking stick. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Krueng
Barona Jaya Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif
dengan subjek penelitian siswa kelas X MIA4 yang berjumlah 15 orang, terdiri dari 7
orang siswa lelaki dan 8 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui tes tertulis, observasi, dan angket melalui penerapan pembelajaran kooperatif
tipe talking stick. Hasil tes, observasi, dan angket diolah dengan menggunakan rumus
persentase. Hasil belajar siswa mencapai 80%. Persentase aktifitas siswa pada
pertemuan pertama diperoleh 96,2%, dan pada pertemuan kedua 92,4%. Persentase
siswa yang memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe
talking stick sebesar 85,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat menuntaskan pembelajaran
secara klasikal pada materi hukum dasar kimia. Aktifitas siswa mengalami peningkatan
pada pertemuan pertama dan terjadinya penurunan pada pertemuan kedua disebabkan
kurangnya waktu. Tanggapan siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe talking
stick adalah positif sehingga disarankan untuk dapat diterapkan dalam proses
pembelajaran dengan materi yang sesuai.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK