//

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL KOTA SUBULUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Rizki Ramadhan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal seperti psikologi, jasmani, fisiologi, panca indra dan faktor eksternal meliputi lingkungan dan sosial. Salah satu faktor psikologis yang penting dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan status gizi dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri Unggul Subulussalam. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling dari tanggal 14-20 Oktober 2017 dengan jumlah sampel 172 siswa. Data yang diambil meliputi kecerdasan emosional menggunakan kuesioner kecerdasan emosional, status gizi dengan indeks massa tubuh dan prestasi belajar dengan nilai raport. Analisis data menggunakan uji spearman correlation. Hasil penelitian di dapatkan kecerdasan emosional terbanyak adalah baik 123 siswa (71,5%), status gizi normal 127 siswa (73,8%) serta prestasi belajar baik 162 siswa (94,2%). Hasil analisis data antara hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar diperoleh p value 0.028 dan r 0.167 hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Status gizi dengan prestasi belajar diperoleh p value 0,281 dan r -0,094 hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar. Kesimpulan, terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar dan tidak terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar pasa siswa SMA Negeri Unggul Subulussalam. Kata kunci : kecerdasan emosional, status gizi, prestasi belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA SUBULUSSALAM (YULI DESTIANI, 2020)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BANDA ACEH (Iwan Saputra, 2015)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Mukhlisah, 2016)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 RNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Maulana Agus Syahputra, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 56 BANDA ACEH TAHUN 2011 (Ayu Darniati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy