//

UJI DAYA HASIL DAN KORELASI ANTAR KARAKTER PERTUMBUHAN DAN HASIL LIMA GENOTIPE JAGUNG MANIS (ZEA MAYS L.VAR SACCHARATA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irham Sukarmi - Personal Name
SubjectFERTILIZERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Irham Sukarmi. 1005101060010. Uji daya hasil dan korelasi antar karakter pertumbuhan dan hasil lima genotipe jagung manis (Zea mays L.var saccharata) di bawah bimbingan Siti Hafsah sebagai ketua dan Erita Hayati sebagai anggota. Tanaman jagung merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia maupun dunia. Tanaman jagung juga merupakan komoditas unggulan Indonesia karena merupakan bahan pangan utama kedua setelah beras karena memiliki sumber karbohidrat yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi daya hasil dan korelasi antara lima varietas jagung manis yang dibudidayakan oleh petani. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Cot Iri, Aceh Besar, sejak Agustus sampai dengan November 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola Non faktorial dengan faktor yang dicobakan adalah lima varietas jagung manis yang terdiri dari: Varietas Bonanza, Secada, Royal Sweet, Sweetboy dan Manise. Masing-masing varietas tersebut diulang sebanyak 4 kali sehingga diperoleh 20 petak percobaan, dan masing-masing petak terdiri dari 20 tanaman. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji F dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil pada level 5% (BNT0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing karakter pertumbuhan, potensi produksi, serta kualitas hasil dari masing-masing varietas berbeda. Kualitas hasil pada parameter kadar manis menunjukkan bahwa seluruh varietas yang diuji memiliki rasa manis, dan varietas Royal Sweet merupakan varietas yang memiliki kadar brix tertinggi berdasarkan analisis statistik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi antar karakter pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis yang ditunjukkan oleh adanya korelasi sangat nyata positif pada karakter tinggi tanaman, diameter batang, tinggi tongkol utama, jumlah tongkol, panjang tongkol, diameter berkelobot dan jumlah biji per baris terhadap karakter berat biji kering per petak. Kata kunci: jagung manis, varietas, karakter pertumbuhan dan korelasi. ix

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDUGAAN UMUR SIMPAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS SACCHARATA) MENGGUNAKAN PERSAMAAN ARRHENIUS MELALUI TAHAPAN PRE- COOLING PADA PENYIMPANAN DINGIN (Muzakir, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA DAN KALIUM IODAT TERHADAP SIFAT KIMIA, PERTUMBUHAN, HASIL DAN KANDUNGAN IODIUM DALAM BIJI JAGUNG MANIS (ZEA MAYS L. VAR. SACCHARATA) (MINARNI, 2014)

ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA TANI JAGUNG MANIS HIBRIDA PADA KELOMPOK TANI TGK BAK ASAN DI DESA LAMBADA PEUKAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Mulyani, 2015)

KAJIAN PROSPEK USAHA PRODUKSI SUSU JAGUNG MANIS DI KOTA BANDA ACEH (Syamratul Achwan, 2015)

PENGARUH LAMA PRE-COOLING DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP MUTU JAGUNG MANIS RN(ZEA MAYS SACCHARATA) (MAULIDAR, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy