EVALUASI KENYAMANAN TERMAL UNTUK PENGGUNA TAMAN KOTA( STUDI KHASUS : HUTAN KOTA BNI DAN TAMAN SARI BANDA ACEH ) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL UNTUK PENGGUNA TAMAN KOTA( STUDI KHASUS : HUTAN KOTA BNI DAN TAMAN SARI BANDA ACEH )


Pengarang

Dasmarita Yulida Safitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304104010049

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Arsitektur (S1) / PDDIKTI : 23201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kenyamanan thermal adalah kondisi pikiran yang mengekspresikan tingkat kepuasan seseorang terhadap lingkungan termalnya. Kenyamanan termal ruang luar merupakan respon rasa nyaman, aspek fisiologis tubuh manusia, aktivitas dan variable iklim. Penelitian ini mengenai tingkat kenyamanan di ruang outdoor pada Hutan Kota BNI Banda Aceh. Data yang diambil terdiri atas data lingkungan lingkungan (temperatur udara, temperatur radiasi, kelembaban udara, dan kecepatan angin), data personal (aktivitas dan pakaian), dan data psikologis (sensasi termal responden). Metode yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dengan survey lapangan. Alat yang digunakan adalah Heat Stress WBGT Meter dan Anemometer. Dalam pengolahan hasil yang di dapat menggunakan indeks UTCI (Universal Thermal Climate Indeks). Hasil penelitian menunjukkan kategori Panas Sedang - Panas Kuat, dengan kondisi nyaman optimal berada pada suhu 32,06 °C pada Taman Hutan Kota BNI Banda Aceh, dengan rentang suhu yang didapat berdasarkan model Indeks UTCI berada pada suhu 30,18°C-34,4°C. Jadi, indeks kenyamanan UTCI dengan suhu ± 31°C masih dapat diterima oleh daerah tropis seperti Indonesia.

Kata kunci : Kenyamanan Termal, UTCI, Outdoor.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK