STUDI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN TEMPAT EVAKUASI SEMENTARA KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

STUDI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN TEMPAT EVAKUASI SEMENTARA KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

AMALIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200060070

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

711.6

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

STUDI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN TEMPAT EVAKUASI SEMENTARA KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR
Oleh:
Amalia
NIM. 1509200060070

Komisi Pembimbing:
1. Dr. Teuku Budi Aulia, S.T., Dipl. Ing.
2. Dr. Ashfa, S.T., M.T.

ABSTRAK

Fenomena bencana telah mendorong berbagai daerah untuk berpikir ulang dalam menata kehidupan masyarakat seperti di Kabupaten Aceh Besar yang merupakan wilayah terdampak gempa bumi dan tsunami. Upaya yang sedang dikembangkan oleh pemerintah terkait dengan bencana alam gempa bumi dan tsunami adalah membangun Tempat Evakuasi Sementara (TES). Studi persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan TES penting dilakukan untuk mendapatkan faktor sebagai pertimbangan dalam perencanaan dan pembangunan infrastruktur menyangkut wilayah bencana di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Keberadaan sarana TES harus ditunjang dengan ketersediaan prasarana dan hal ini menjadi kebutuhan yang memiliki keterikatan satu sama lain seperti jalur evakuasi, sistem peringatan dini, atribut evakuasi termasuk nilai kearifan lokal yang dapat mendukung fungsi TES. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan persepsi masyarakat terhadap TES, menemukan faktor utama yang mempengaruhi masyarakat dan memperoleh strategi pemanfaatan. Manfaat yang ingin dicapai adalah agar dapat memberikan informasi dan masukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Besar dan pengelola terkait keberadaan gedung bagi masyarakat Peukan Bada. Metode yang digunakan adalah kombinasi kuantitatif dan kualitatif, kuesioner dibagikan kepada 233 responden untuk mengambil data primer serta Focused Group Discussion (FGD) dilakukan dengan mengundang unsur masyarakat dan pemerintah untuk memperoleh strategi pemanfaatan. Hasil survei kuesioner menunjukkan masyarakat merasa aman dengan keberadaan TES, faktor utama yang mempengaruhi masyarakat dalam memanfaatkan TES adalah ketersediaan fasilitas pada gedung. FGD menghasilkan kesimpulan strategi pemanfaatan yaitu memperkenalkan TES sejak dini dengan memasukkan kurikulum tanggap bencana di lingkungan sekolah, mengembangkan nilai kearifan lokal dari kebiasaan membuat kesepakatan keluarga apabila terjadi tsunami sebaiknya tidak pulang ke rumah tetapi berkumpul di tempat aman dan agar pihak BPBD Kabupaten Aceh Besar memperhatikan ketersediaan fasilitas TES serta menyusun rencana mitigasi bencana berbasis masyarakat dengan memperhatikan anak-anak, lansia dan penyandang cacat.

Kata kunci: persepsi, tempat evakuasi sementara, faktor utama?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK