//

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDERAAN (BOK) SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PENGGUNA DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayatullah - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
MOTORCYCLES - TRANSPORTATION SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ANALISA BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PENGGUNA DI KOTA BANDA ACEH Oleh: Nama : Ayatullah Nim :1209200060086 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Renni Anggraini, ST, M.Eng 2. Dr. Sofyan M. Saleh, M.Eng ABSTRAK Kemudahan uang muka bagi sebagian besar masyarakat Aceh dengan status ekonomi menengah ke bawah menjadi salah satu penyebab kepemilikan sepeda motor baik jenis matic maupun manual sebagai alat transportasi pilihan. Namun, belum ada model yang tepat untuk menggambarkan informasi Biaya operasional Kendaraan (BOK) sepeda motor berdasarkan penggunaan bahan bakar minyak, yang dapat diperhitungkan sebagai suatu moda pilihan alternatif yang terjangkau dan ekonomis. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh kecepatan kendaraan roda dua terhadap konsumsi bahan bakar minyak (BBM) berdasarkan jenis sepeda motor (manual atau matic), menentukan model yang tepat untuk biaya operasional kendaraan roda dua dalam hal konsumsi bahan bakar sepeda motor (manual atau matic) dan sebagai data acuan untuk studi kelayakan transportasi terutama untuk kendaraan sepeda motor. Penelitian dilakukan di jalan ruas utama (Simpang Mesra - Simpang Lima) Kota Banda Aceh dengan jarak ± 5km. Pengambilan data dilakukan dengan trial langsung dilapangan sebanyak 10 kali putaran dengan 5 kecepatan rata-rata yang berbeda untuk mencapai jarak 50 km. Hasil yang didapat ditabulasikan ke dalam variabel dependent dan variabel independent, kemudian dilakukan analisis statistik menggunakan program SPSS dengan regresi linear atau non linear sehingga didapat model yang tepat untuk kedua jenis sepeda motor tersebut. Model pengaruh kecepatan kendaraan roda dua terhadap konsumsi bahan bakar minyak (BBM) berdasarkan jenis sepeda motor untuk manual Y= 0,598 + 0,003X, untuk matic yaitu Y= 0,427+0,099X-0,004X2+0.00003750X3. Hal ini menunjukkan sepeda motor manual terlihat kecenderungan peningkatan linier untuk penggunaan bahan bakar minyak untuk masing-masing kecepatan rata-rata, sedangkan untuk sepeda motor matic ada kecenderungan terbalik yaitu semakin besar kecepatan semakin kecil penggunaan volume bahan bakar minyak, terutama pada kecepatan 40 km/jam dan 50 km/jam terlihat penurunan yang signifikan dan mengalami kenaikan pada kecepatan diatas 50 km/jam. Kata kunci : bbm, sepeda motor, manual, matic

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDERAAN (BOK) SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PENGGUNA DI KOTA BANDA ACEH (Ayatullah, 2017)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDERAAN (BOK) SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PENGGUNA DI KOTA BANDA ACEH (Ayatullah, 2017)

BANGKITAN PERGERAKAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR BERDASARKAN TUJUAN PERGERAKAN DI KOTA LHOKSEUMAWE (HERU PRAMANDA, 2017)

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA BANDA ACEH (DINA KARIMA, 2020)

ANALISIS KARAKTERISTIK KENDARAAN SEPEDA MOTOR DAN MOBIL PENUMPANG SERTA DRIVING CONDITIONS PADA JALAN ARTERI DI KOTA BANDA ACEH (HAFSHA YANTI SIREGAR, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy