//

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH BELIMBING MANIS (AVERRHOA CARAMBOLA LINN.) SEBAGAI PEREDUKSI FORMALIN PADA IKAN TERI NASI (STOLEPHORUS SPP)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Novita - Personal Name
SubjectFORMALDEHYDE - HUMAN TOXICOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Novita, Intan. 2017. “Pengaruh Pemberian Ekstrak Buah Belimbing Manis (Averrhoa carambola Linn.) Sebagai Pereduksi Formalin Pada Ikan Teri Nasi (Stolephorus spp)’’ Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Safrida, S.Pd., M.Si., (2) Dr. Hafnati Rahmatan, M. Si., Kata Kunci: Formalin, Ikan teri nasi, Belimbing manis. Belimbing manis merupakan buah yang memiliki efek farmakologis terhadap kesehatan dan mengandung senyawa saponin yang dapat mereduksi formalin pada pengawetan makanan seperti pada ikan teri nasi. Penelitian ini telah dilaksanakan dan bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pemberian ekstrak belimbing manis (Averrhoa carambola Linn.) sebagai pereduksi formalin pada ikan teri nasi (Stolephorus spp) (2) mengetahui pengaruh pemberian ekstrak belimbing manis (Averrhoa carambola Linn.) dalam uji organoleptik (rasa, aroma, tekstur dan warna) pada ikan teri nasi (Stolephorus spp). Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu 6 perlakuan dan 4 ulangan. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Anava, Uji Duncan, dan Uji BNT pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan P2 (200.000 ppm) dengan kadar awal rata-rata sebesar 283,02 mg/L terjadi penurunan menjadi 63,8 mg/L dengan selisih penurunan rata-rata sebesar 219,225 mg/L yang menunjukkan bahwa Fhitung = 138,70 ≥ Ftabel = 2,77. Uji organoleptik pada penelitian ini menunjukkan bahwa Fhitung ≥ Ftabel = 2,77 dengan nilai Fhit berturut-turut terhadap rasa, warna, aroma dan tekstur = 163,52, 205,97, 69,56, 107,44. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) pemberian ekstrak belimbing manis berpengaruh terhadap penurunan kadar formalin pada ikan teri nasi pada konsentrasi 200.000 ppm dengan penurunan sebesar 77,45% (2) pemberian ekstrak belimbing manis berpengaruh terhadap organoleptik ikan teri nasi dari segi rasa, warna, aroma dan tekstur serta perlakuan terbaik pada P2 dengan konsentrasi 200.000 ppm.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS EKSTRAK LENGKUAS (LENGUAS GALANGA) SEBAGAI PEREDUKSI KADAR FORMALIN PADA IKAN KEUMAMAH DARI (EUTHYNNUS AFFINIS) (Wirdatul Wahida, 2015)

PENGARUH EKSTRAK BUAH BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) TERHADAP INTERAKSI STREPTOCOCCUS SANGUINIS DAN STREPTOCOCCUS MUTANS SECARA IN VITRO (Iga Kumala Sari, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG IKAN TERI (STOLEPHORUS SP) TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT BADAN IKAN LELE DUMBO (CARIAS GARIEPINUS) (Salmiati, 2021)

PENGARUH BAHAN TAMBAHAN DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK IKAN TERI (STOLEPHORUS SP.) FERMENTASI (BUDEE) (Uul Irawan Bugis, 2016)

PENGARUH PERASAN BELIMBING MANIS (AVERRHOA CARAMBOLA) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS SECARA IN VITRO (Asnidar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy