//

PENGARUH SUBSTITUSI SEMEN, AGREGAT HALUS, DAN AGREGAT KASAR TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT GESER MURNI BETON MUTU TINGGI. (PENGGUNAAN FLY ASH BATU BARA, CANGKANG SAWIT, PASIR POZZOLAN DAN NANOMATERIAL BIJIH BESI).

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NORA USRINA - Personal Name
SubjectSTRUCTURAL ENGINEERING
CONCRETE - BUILDING MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK SNI 03-6468-2000 mendefinisikan beton mutu tinggi sebagai beton yang mempunyai kuat tekan yang disyaratkan lebih besar sama dengan 41,4 MPa. Peningkatan mutu beton dapat dilakukan dengan penambahan atau mensubstitusikan bahan lain kedalam campuran beton. Pada penelitian ini, peneliti mensubstitusikan semen, agregat halus, dan agregat kasar pada campuran beton mutu tinggi dengan fly ash batu bara, cangkang sawit, pasir pozzolan, serta menambahkan nanomaterial bijih besi sebagai filler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kuat tekan dan kuat geser murni beton mutu tinggi hybrid (BMT-H) yang menggunakan fly ash batu bara, cangkang sawit, dan pasir pozzolan sebagai substitusi semen, agregat halus dan agregat kasar serta penambahan filler nanomaterial bijih besi dan dibandingkan dengan beton mutu tinggi normal (BMT-N). Pada penelitian ini yang diuji adalah kuat tekan beton dengan benda uji berbentuk silinder ukuran diameter 15 cm dan tinggi 30 cm sebanyak 105 benda uji dan kuat geser murni beton dengan benda uji berbentuk prisma dengan ukuran 30 x 30 x 10 cm sebanyak 42 benda uji. Pengujian kuat tekan dilakukan pada umur beton 7, 28, dan 56 hari sedangkan pengujian kuat geser murni dilakukan pada umur 28 dan 56 hari. Hasil kuat tekan maksimum pada umur 7, 28, dan 56 hari adalah pada variasi BMT-APPP (abu pozzolan + agregat halus pasir pozzolan + agregat kasar cangkang sawit + filler nanomaterial bijih besi) masing - masing sebesar 44,28 MPa; 59,48 MPa dan 69,71 MPa. Sedangkan hasil kuat geser murni maksimum pada umur 28 dan 56 hari adalah pada variasi BMT-FBPP (fly ash batu bara + agregat halus pasir pozzolan + agregat kasar cangkang sawit + filler nanomaterial bijih besi) masing - masing sebesar 4,68 MPa dan 5,05 MPa. Kata Kunci: beton mutu tinggi, sifat mekanis, fly ash batu bara, cangkang sawit, pasir pozzolan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN PENAMBAHAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAKTILITAS BETON MUTU TINGGI HYBRID (Fauzan Z, 2017)

PERILAKU GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN VARIASI SUBSTITUSI SEMEN, AGREGAT HALUS, DAN AGREGAT KASAR (PENGGUNAAN FLY ASH BATU BARA, KERAK BOILER CANGKANG SAWIT, PASIR POZZOLAN DAN NANOMATERIAL BIJIH BESI) (Cut Fatmawati TA, 2019)

PENGARUH PENGGUNAAN FLYASH BATU BARA, CANGKANG SAWIT, DAN PASIR POZZOLAN, SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN, AGREGAT HALUS DAN AGREGAT KASAR, TERHADAP KUAT GESER DAN MODULUS ELASTISITAS BETON MUTU TINGGI HYBRID (Muhammad Anton Fajri, 2020)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TARIK BELAH DAN KUAT TARIK LENTUR BETON MUTU TINGGI HYBRID (Nurkhalis, 2017)

PENGARUH SUBSTITUSI ADITIF DAN AGREGAT TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI YANG DIRENDAM PADA AIR TAWAR, AIR ASIN, DAN DITANAM DI DALAM TANAH (Candra Pazlan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy