//

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) TERHADAP PEMBENTUKAN LEBAR KALUS PADA FRAKTUR TIBIA SECARA MAKROSKOPIS PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN STRAIN WISTAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALEX KURNIAWAN GAN - Personal Name
SubjectVETERINARY MEDICINE
REPRODUCTIVE HORMONES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Fraktur merupakan insiden yang relatif sering terjadi di masyarakat dan waktu penyembuhannya yang lama. Pembentukan kalus merupakan bagian dari proses penyembuhan fraktur. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah Estrogen. Buah pare merupakan buah yang memiliki kandungan triterpenoid yang bersifat fitoestrogen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh ekstrak buah pare terhadap penyembuhan fraktur tulang yang diberkan pada hewan coba tikus wistar yang dinilai dari pembentukan kalusnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan metode Posttest Only Control Design. Hewan coba yang digunakan sebanyak 24 tikus Wistar Jantan yang dibagi menjadi 4 perlakuan dengan 6 ulangan yang semuanya diberikan tindakan fraktur pada tibia, yaitu kelompok K (Kontrol) tidak diberikan induksi apapun, dan 3 perlakuan yang diberikan ekstrak buah pare masing-masing 3 dosis (100 mg/kg BB, 200 mg/kg BB, dan 300 mg/kg BB). Lebar kalus yang terbentuk merupakan parameter penelitian ini, dengan rata-rata hasil pengukuran K = 2,433; P1 = 2,683; P2 = 2,683 dan P3 = 3,175. Data dianalisis dengan uji statistik Shapiro-Wilk menunjukan hasil data terdistribusi dengan normal dan Levene dengan data yang diperoleh pada penelitian ini homogen, kemudian dilanjutkan dengan uji Anova didapatkan F hitung (3,842) lebih besar dari F tabel (3,10) atau sig (0,025) lebih kecil dari P-Value (0,05) menunjukan ekstrak buah pare memiliki pengaruh terhadap pembentukan kalus, dan uji BNT yang didapatkan ekstrak buah pare dosis 300 mg/kgBB menunjukan memiliki pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan dosis lainnya. Kata Kunci : Rattus norvegicus jantan, Fraktur tulang tibia, Crude ekstrak Buah Pare, Kalus.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KUALITAS SPERMATOZOA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) DIABETES MELITUS SETELAH DITERAPI DENGAN EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) (Elsa Suarni, 2016)

EFEKTIVITAS EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) DALAM MENURUNKAN KADAR GULA DARAH PADATIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) YANG MENGALAMI HIPERGLIKEMI (GHALIA MAYUNA, 2018)

DIAMETER TUBULUS SEMINIFERUS, JUMLAH SEL SERTOLI, DAN SEL LEYDIG TIKUS PUTIH DIABETES DAN DITERAPI DENGAN EKSTRAK BUAH PARE (Fitri Novita, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) TERHADAP SEL-SEL SPERMATOGENIK TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) YANG DIINDUKSIALOKSAN (Dewi Nurulliana, 2016)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL KACANG KEDELAI (GLICYNE MAXX (L.) MERR.) TERHADAP PEMBENTUKAN LEBAR KALUS PADA PROSES PENYEMBUHAN FRAKTUR TULANG PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN STRAIN WISTAR (Fikri Akbar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy