PENENTUAN RUTE KENDARAAN MAJEMUK PENJEMPUTAN DAN PENGANTARAN SECARA SIMULTAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOUR (STUDI KASUS: PT. PINTOE ACE PRATAMA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENENTUAN RUTE KENDARAAN MAJEMUK PENJEMPUTAN DAN PENGANTARAN SECARA SIMULTAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOUR (STUDI KASUS: PT. PINTOE ACE PRATAMA)


Pengarang

Arisman Vernando - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304106010021

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PENENTUAN RUTE KENDARAAN MAJEMUK PENJEMPUTAN DAN PENGANTARAN SECARA SIMULTAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR
(Studi Kasus: PT. Pintoe Aceh Pratama)

ABSTRAK

PT. Pintoe Aceh Pratama merupakan perusahan pendistribusian produk Cleo untuk wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah penentuan rute kendaraan penjemputan dan pengantaran secara simultan dan trip majemuk (MRKJASTM) untuk pendistribusian Cleo Galon untuk wilayah Banda Aceh dan sekitarnya. Setiap kendaraan pengantar Cleo Galon dapat melayani beberapa rute selama horizon perencanaan dengan kapasitas yang sama (homogen), kendaraan selalu berawal dan berakhir pada depot. Permasalahan MRKJASTM akan diselesaikan menggunakan software MATLAB dengan penerapan algoritma Nearest Neighbor (NN). Implentasi algoritma NN pada program yang dikembangkan dapat memberikan solusi yaitu untuk 14 pelanggan dengan total jarak pada pendistribusian sebesar 105.45 km. Perbandingan solusi jarak dari kondisi awal dan program mengahasilkan gap sebesar 6.4 %. Implementasi algoritma NN yang dilakukan untuk pendistribusian Cleo Galon memiliki total jarak yang lebih pendek sebesar 7.27 km dari proses distribusi yang selama ini dilakukan oleh PT. Pintoe Aceh Pratama.

Kata kunci: MRKJASTM, Distribusi, MATLAB, Nearest Neighbor.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK