//

ALAT PENUNJANG KOMUNIKASI DENGAN KONSEP DATA GLOVE UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DAN TUNAWICARA DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUNA ADILAH - Personal Name
SubjectDEAF - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Sulitnya komunikasi yang dimiliki oleh penyandang tunarungu dan tunawicara membuat mereka sulit beraktivitas layaknya masyarakat biasa. Bahasa isyarat sebagai media komunikasi yang telah terbentuk saat ini belum mampu menghubungkan komunikasi terhadap masyarakat, hanya mampu menghubungkan komunikasi antar sesama penyandang. Oleh karena itu diperlukan alat bantu yang mampu menerjemahkan bahasa isyarat yang digunakan oleh para penyandang. Alat bantu berupa penerjemah bahasa isyarat dibentuk dengan menggunakan konsep Data Glove sehingga mampu menerjemahkan bahasa isyarat secara visual. Selain itu, dengan menggunakan kuesioner Semantic Differential, maka didapatkan tingkat emosi pengguna berdasarkan 12 Kansei word terhadap penggunaan alat penerjemah bahasa isyarat. Respon dalam bentuk emosi yang diutarakan oleh pengguna tersebut merupakan bagian dari metode Kansei Engineering. Oleh karena itu diperlukan penyesuaian produk terhadap metode Kansei Engineering agar produk yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan pengguna dan mampu memudahkan interaksi antar penyandang dan masyarakat umum seperti lingkungan sosial pada umumnya. Kata kunci: Tunarungu, Tunawicara, Bahasa Isyarat, Alat Penerjemah, Semantic differential, Kansei Engineering.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN ALAT PENERJEMAH BAHASA ISYARAT DENGAN METODE KONSEPTUAL UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DAN TUNAWICARA (TEUKU ANDHIKA, 2019)

MOTIVASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA ANAK PENYANDANG TUNA RUNGU (STUDI PADA SLB YAYASAN BUKESRA KOTA BANDA ACEH) (NOVA YANTI, 2018)

RANCANGAN ALAT BANTU LIFT KURSI RODA BAGI DIFABEL PADA HALTE TRANS KOETARADJA MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS: KOTA BANDA ACEH) (ULFIE GAYATRI, 2018)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) PADA SIARAN BERITA TVRI NASIONAL (STUDI PADA PENYANDANG TUNARUNGU DI KOTA BANDA ACEH) (Siti Nur Chotimah A, 2017)

PENGGUNAAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI (STUDI PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB YAYASAN BUKESRA ULEE KARENG, BANDA ACEH) (Ade Pratiwi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy