//

ANALISIS SISTEM ANTRIAN PENGISIAN BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIMULASI (STUDI KASUS : STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) LAMNYONG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Al Muttaqin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Terjadinya antrian pada proses pelayanan dikarenakan kapasitas dari pelayanan tidak memadai besarnya jumlah pelanggan. Baris antrian sering terjadi pada perusahaan jasa, salah satunya pada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang kedatangan pelanggannya tidak dapat diprediksi. Pada kasus ini dibahas mengenai sistem antrian pada SPBU Lamnyong dengan pendekatan simulasi menggunakan software ProModel. Analisis sistem antrian dilakukan pada stasiun 3 dengan jalur antrian 3A dan 3B, stasiun 4 dengan jalur antrian 4A dan 4B dan stasiun 5 dengan jalur antrian 5A dan 5B. Analisis dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana sistem antrian pada SPBU Lamnyong pada saat jam sibuk pada jadwal pagi, siang, sore dan malam dengan menggunakan data waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan pada hari senin. Analisis dititik beratkan pada performansi stasiun 3, stasiun 4 dan stasiun 5 dengan melihat besar nilai utilitas dan waku menganggur dari setiap operator serta mempertimbangkan waktu rata-rata entitas dalam sistem. Berdasarkan simulasi yang dilakukan diperoleh hasil penambahan jalur fasilitas pada jadwal pagi sejumlah satu jalur untuk stasiun 5, pada jadwal siang sejumlah satu jalur untuk stasiun 5, pada jadwal sore sejumlah satu jalur untuk stasiun 5 dan jadwal malam penambahan satu jalur untuk stasiun 3 dan stasiun 5 hanya ketika antrian sangat panjang dan waktu pelayanan tergolong lama. Kata Kunci : SPBU Lamnyong, Sistem Antrian, Pemodelan, Simulasi, ProModel

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENERAPAN SISTEM ANTRIAN MODEL MULTI CHANNEL SINGLE PHASE DI STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU): STUDI KASUS SPBU LAMNYONG BANDA ACEH (Muhammad Iqbal, 2017)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR MINYAK DARI SAMPAH PLASTIK DENGAN PREMIUM TERHADAP KINERJA MESIN BENSIN (MUHAMMAD JIHAD, 2019)

KAJI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MESIN DIESEL MEMANFAATKAN CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI BUTA-BUTA (HURA CREPITANS LINN) (NANDA SAPTIA, 2018)

KAJI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MESIN DIESEL MEMANFAATKAN CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA) (RIZAL AIYUBI, 2017)

RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK TENAGA RODA GAYA (FLYWHEEL)(APLIKASI PADA BOAT LISTRIK) (firdaus hamidi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy