//

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syahrul Alamsyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembangunan infrastruktur kini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pesatnya pembangunan infrastruktur dan bangunan dalam pelaksanaan konstruksi suatu material merupakan unsur yang sangat penting untuk mewujudkan suatu konstruksi yang kuat dan tahan lama. Salah satu material yang mulai banyak digunakan adalah baja hollow. Baja hollow adalah baja berongga (pipa) berbentuk kotak atau disebut juga SHS (Square Hollow Section) dan berbentuk persegi panjang atau RHS (Rectangular Hollow Section). Baja hollow dapat digunakan sebagai konstruksi struktural maupun sebagai konstruksi non-struktural, pada konstruksi struktural contohnya seperti rangka atap sederhana, rangka baja pada jembatan, pengganti balok dan lain sebagainya, sementara pada konstruksi non-struktural contohnya seperti pagar, teralis, dan lain sebagainya. Kelemahan dari struktur profil baja hollow yaitu tidak solid karena terdapat lubang pada bagian dalam hollow yang mengakibatkan profil baja ini mudah mengalami tekuk. Karena itu untuk mengisi kelemahan pada baja hollow dapat digunakan mortar. Dimana mortar sangat baik pada kuat tekannya dan baja sendiri sangat baik pula pada kuat tariknya. Tujuan dari penelitian ini didapat struktur portal bidang yang diisi mortar dengan variasi FAS yang dapat bekerja lebih optimal untuk menahan kapasitas beban yang diberikan. Penelitian ini dimulai dengan perencanaan portal bidang profil baja hollow yang dianalisis menggunakan metode matriks. Variasi FAS pada baja hollow yang digunakan adalah variasi yang berbeda yaitu 0,3 ; 0,4 ; 0,5 dengan ukuran profil baja hollow 40/80 mm, ketebalannya 1,3 mm dan ketinggian rangka 50 cm. Portal bidang dirangkai dengan menggunakan sambungan pelat buhul yang dilas dan mortar diisi secara manual ke dalam baja hollow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variasi FAS terhadap portal bidang tidak terlalu signifikan karena hasil yang didapat untuk benda uji PBVF 0.3 beban dan lendutan maksimumnnya sebesar 11,380 ton dan 27,840 mm, untuk PBVF 0.4 sebesar 13,240 ton dan 25,640 mm dan untuk PBVF 0.5 sebesar 11,550 ton dan 35,450 mm.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KAPASITAS PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (SUATU PENELITIAN PADA BAJA HOLLOW TEBAL 1,3 MM DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL 30/60 MM, 40/80 MM DAN 50/100 MM) (Aulia Mirza, 2018)

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI TINGGI PORTAL (Mursal, 2018)

ANALISIS PERILAKU RANGKA BIDANG (PLANE TRUSSES) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN (FAS) (Natasya Amalia, 2016)

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Aris Abdillah, 2017)

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN (Syahrul Alamsyah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy