STUDI ETNOBOTANI TANAMAN PINANG (ARECA CATECHU L) DI KABUPATEN ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STUDI ETNOBOTANI TANAMAN PINANG (ARECA CATECHU L) DI KABUPATEN ACEH SELATAN


Pengarang

Nurjalia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK



Nurjalia, 2017. Studi Etnobotani Tanaman Pinang (Areca catechu L) Di Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi, Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Hasanuddin, M.Si (2) Dr. Cut Nurmaliah, M. Pd.

Kata Kunci: Etnobotani, Pinang (Areca catechu L.), Kabupaten Aceh Selatan

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pemanfaatan tanaman pinang (Areca catechu L.) pada masyarakat Kabupaten Aceh Selatan untuk bidang pengobatan, ekonomis dan acara adat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Rapid Rural Appraisal (RRA). Populasi penelitian adalah masyarakat Aceh Selatan yang terdiri atas tabib, petani, tetua adat dan masyarakat dengan sampel 50 responden dari 80.080 populasi yang tersebar dengan total jumlah penduduk 230.254 jiwa yang terdiri dari suku Aceh, Jamee dan Kluet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, semua organ tanaman pinang dimanfaatkan oleh masyarakat antara lain, akar, batang, daun, bunga dan buah. Organ tanaman pinang yang paling banyak dimanfaatkan adalah organ buah. Pemanfaatan tanaman pinang sebagai tanaman etnobotani diantaranya sebagai bahan obat-obatan, untuk keperluan nilai ekonomi dan acara adat.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK