//

ANALISIS ESTIMASI BIAYA DINDING PENAHAN TANAH PADA RUAS JALAN BABAHROT-BLANGKEJEREN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BAMBANG ANWAR SADAT - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
ESTIMATED BUDGETS (PUBLIC)
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ANALISIS ESTIMASI BIAYA DINDING PENAHAN TANAH PADA RUAS JALAN BABAHROT-BLANGKEJEREN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA Oleh: Bambang Anwar Sadat NIM. 1509200060119 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. M.Isya, MT 2. Dr. Hafnidar A.Rani, ST, MM ABSTRAK Dinding penahan tanah adalah suatu konstruksi penahan agar tanah tidak longsor. Konstruksi ini digunakan untuk suatu tebing yang agak curam atau tegak apabila tanpa dinding penahan tebing tersebut akan longsor. Kabupaten Aceh Barat Daya, dikawasan pegunungan Singgah Mata Kecamatan Babahrot beberapa kali mengalami bencana tanah longsor salah satunya di ruas Jalan Babahrot-Blangkejeren STA 13+850–13+895. Berdasarkan kondisi topografi dan teknologi yang dapat diterapkan dilapangan, dinding penahan tanah type kantilever dan gravitasi dianggap sesuai terhadap struktur dan cocok diterapkan di kawasan pegunungan tersebut. Namun sebuah proyek konstruksi pada umumnya membutuhkan biaya yang cukup besar, oleh karenanya pemilihan konstruksi yang tepat dapat memberikan efisiensi untuk pertimbangan biaya ekonomis dan mencegah timbulnya kerugian. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis estimasi biaya pembangunan dinding penahan tanah menggunakan kedua type yaitu kantilever dan gravitasi dengan memperhatikan faktor keamanan yang disyaratkan. Secara fungsional, estimasi biaya juga dimaksudkan untuk perhitungan volume pekerjaan, penyusunan rencana anggaran biaya dan penjadwalan pada proses pelaksanaan suatu kegiatan proyek konstruksi. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan dimensi kedua type dinding penahan tanah yang memenuhi komposisi ukuran minimal terhadap faktor keamanan (Fk>1,5) dari stabilitas lereng yang disyaratkan, dilanjutkan dengan menghitung estimasi biaya dan durasi waktu pelaksanaan pekerjaan dinding penahan tanah type kantilever dan gravitasi dengan perwakilan ruas jalan Babahrot-Blangkejeren STA 13+850 – 13+895 pegunungan Singgah Mata Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya. Dari analisa penelitian dan membandingkan antara kedua type maka diperoleh efisiensi biaya dinding kantilever lebih murah terhadap dinding gravitasi yaitu sebesar 54,68% sedangkan efisiensi waktu dinding kantilever lebih cepat terhadap dinding gravitasi yaitu sebesar 10,47%. Kata kunci : estimasi biaya, dinding penahan tanah, kantilever,longsor

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ALTERNATIF DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER PADA PEMBANGUNAN FLY OVER SIMPANG SURABAYA (Cut Tia Farhadina, 2017)

ANALISIS STABILITAS LERENG DAN KONSTRUKSI DINDING PENAHAN TANAH TIPE KANTILEVER (KURNIAWAN, 2019)

STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER PADA PEMBANGUNAN UNDERPASS SIMPANG BEURAWE (Fazilatul Husna, 2017)

FAKTOR KEAMANAN TERHADAP STABILITAS LERENG DAN KONSTRUKSI DINDING PENAHAN TANAH TIPE COUNTERFORT (STUDI KASUS RUAS JALAN BABAHROT-BLANGKEJEREN STA 13+850-STA 13+895) (Karsa Ciptaning, 2018)

ANALISIS KELONGSORAN DAN FAKTOR KEAMANAN TERHADAP KERUSAKAN BADAN JALAN DIPERKUAT DENGAN RETAINING WALL TIPE KANTILEVER DAN MINIPILE MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS VERSI 8.6 LUES-BLANGKEJEREN (Banta Usman, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy