//

PENGARUH U-TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN TGK. DAUD BEUREUEH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KURNA SARI - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fasilitas U-turn (putar balik arah) sering menimbulkan permasalahan tersendiri dalam bentuk hambatan terhadap arus lalu lintas searah dan juga arus lalu lintas yang berlawanan arah, permasalahan yang terjadi adanya tundaan pada masingmasing arah. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pergerakan kendaraan di U-turn pada lokasi Jalan Tgk. Daud Beureueh. Didapatkan waktu tempuh kendaraan arus terganggu dan tidak terganggu akibat pergerakan di U-turn, volume lalu lintas, kecepatan, kapasitas, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan. Metode yang digunakan untuk perhitungan dan analisa kinerja jalan pada penelitian ini adalah manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Pengambilan data dilakukan secara manual selama tiga hari pada hari Selasa, Jumat, dan Minggu. Waktu pengambilan data dimulai dari pagi pukul 07.00-09.00 WIB, siang 12.00-14.00 WIB, dan sore 16.30-18.30 WIB. Hasil pengolah data diperoleh hasil tertinggi pada hari Selasa waktu tempuh kendaraan arah Kota-Simpang Mesjid Oman untuk arus tidak terganggu sebesar 19,99 detik dan arus terganggu 25,51 detik.Tundaan yang terjadi sebesar 5,52 detik. Sedangkan arah Simpang Mesjid Oman-Kota untuk arus tidak terganggu sebesar 18,24 detik dan arus terganggu 23,10 detik. Tundaan yang terjadi sebesar 4,86 detik, volume lalu lintas 1299 smp/jam arah Kota-Simpang Mesjid Oman, 1275 smp/jam arah Simpang Mesjid Oman-Kota, kecepatan rata-rata arus tidak terganggu 21,95 km/jam, arus terganggu 17,58 km/jam arah Kota-Simpang Mesjid Oman, arus tidak terganggu 24,44 km/jam dan arus terganggu 19,65 km/jam arah Simpang Mesjid Oman-Kota, kapasitas 3893 smp/jam, derajat kejenuhan 0,33 arah Kota-Simpang Mesjid Oman, 0,32 arah Simpang Mesjid Oman-Kota. Pada ruas jalan Tgk. Daud Beureueh didapatkan tingkat pelayanan adalah A dikarenakan kondisi pelayanan sangat baik, dimana kendaraan dapat berjalan lancar karena tidak ada gangguan hambatan samping pada ruas jalan tersebut. Kata Kunci : U-turn, Volume Lalu Linta, Kapasitas, Derajat Kejenuhan dan Tingkat Pelayanan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH (YUNI PREHATMI WIJAYANTI, 2018)

EVALUASI KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA U-TURN DI JALAN T. HASAN DEK KOTA BANDA ACEH (REZEKINA TIRMIARA, 2020)

PENGARUH PUTARAN BALIK ARAH (U-TURN) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA JALAN T. HASAN DEK BEURAWE (SAHRI PUTRA, 2018)

STUDI ULANG NILAI EKIVALEN MOBIL PENUMPANG PADA RUAS JL. TGK. DAUD BEUREUEH KOTA BANDA ACEH (Muhammad Al-Barry, 2014)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN LINTAS BAWAH(UNDERPASS) SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (CUT SABRINA UTAMI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy