//

ETNOBOTANI PADA SUKU GAYO KECAMATAN BINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rainawati - Personal Name
SubjectETHNOBOTANY
MEDICINAL PLANTS - ECONOMIC BOTANY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rainawati. 2017. Etnobotani Suku Gayo Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si., (2) Dr. Hasanuddin, M. Si. Kata Kunci: Etnobotani Suku Gayo, Bahan Tambah Pangan, Obat-obatan, dan Sosial Budaya Etnobotani adalah interaksi antara masyarakat setempat dengan lingkungan hidupnya, secara spesifik pada tumbuh-tumbuhan serta pengkajian penggunaan tumbuhan sebagaibahan tambah pangan, pengobatan dan sosial budaya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui jenis tumbuhan yang digunakan (2) mengetahui bagian apa saja yang dimanfaatkan sebagai tumbuhanetnobotani (3) mengetahui cara pemanfaatan tumbuhan etnobotani yang digunakan dalam bidang pangan, obat-obatan, dan sosial budaya pada Suku Gayo Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatanRapid Rural Appraisal (RRA). Data didapat langsung dari pengetahuan masyarakat Kecamatan Bintang terhadap tumbuhan yang digunakan dalam pangan, obat-obatan, dan sosial budaya. Berdasarkan hasil penelitian etnobotani Suku Gayo Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah diperoleh : (1) Terdapat 90 jenis tumbuhandari 45 familia yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat-obatan, dan sosial budaya (2)Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan adalah daun, batang, akar, bunga, buah, biji, kulit, dan umbi. (3) Cara pengolahan dan penggunaan tumbuhan dalam bahan tambahan pangan yaitu digiling, dirajang, dipakai utuh, diremas, dan ditumbuk. Pemanfaatan dalam obat-obatan diolah secara direbus, disedu, dimasukkan kedalam makanan, diperas, dan penggunaanya disesuaikan dengan aturan. Pemanfaatan sosial budaya dengan cara tepung tawar dengan mengikat semua tumbuhan yang diperlukan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN AREN (ARENGA PINNATA (WURMB.) MERR.) PADA MASYARAKAT LOKAL KABUPATEN ACEH TENGAH (Hilmina Itawarnemi, 2016)

PERGESERAN PROSESI BUDAYA TURUNMANI DALAM MASYARAKAT SUKU GAYO DI DESA TANSARIL KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (Sri Marlia Sari, 2017)

ETNOBOTANI MASYARAKAT GAYO DI KECAMATAN BLANGKEJEREN, KABUPATEN GAYO LUES (Tuti Wahyuni, 2019)

PERUBAHAN HIASAN KEPALA PENGANTIN GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Ernita Putri Linge, 2020)

KARAKTERISTIK REPRODUKSI KERBAU GAYO BETINA DI KECAMATAN LINGE KABUPATEN ACEH TENGAH (AL KAUTSAR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy