//

PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN AMPAS TAHU DAN AMPAS KELAPA TERFERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DERAJAT KESEHATAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS LINN.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Mulia - Personal Name
SubjectFISH
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mulia, Rizka. 2017. Pengaruh Pemberian Kombinasi Pakan Ampas Tahu dan Ampas Kelapa Terfermentasi Terhadap Pertumbuhan dan Derajat Kesehatan Ikan Nila (Oreochromis niloticus Linn.). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Safrida, S. Pd., M.Si. (2) Prof. Dr. M. Ali. S., M. Si. Kata Kunci: Ikan nila, Pakan, Pertumbuhan Ikan, Kesehatan Ikan Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang potensial untuk sumber protein dan sangat digemari oleh masyarakat karena rasa dagingnya yang gurih serta harganya yang relatif terjangkau. Ikan nila termasuk dalam golongan omnivora dan sangat responsif terhadap pakan buatan, maka perlu alternatif untuk mengefisiensikan pemberian pakan. Penelitian ini, bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh peningkatan bobot tubuh ikan nila (Oreochromis niloticus Linn.) setelah pemberian pemberian kombinasi pakan ampas tahu dan ampas kelapa hasil terfermentasi dan (2) mengetahui derajat kesehatan ikan nila setelah pemberian kombinasi pakan ampas tahu dan ampas kelapa hasil terfermentasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuaan dan 5 ulangan. Data dianalisis dengan menggunakan Uji ANAVA dan Uji Tukey HSD pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa P5 dengan dosis kombinasi pakan dari ampas tahu terfermentasi 25% dan ampas kelapa terfermentasi 25% yang dipelihara selama 30 hari dapat meningkatkan pertumbuhan Ikan nila. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) pemberian kombinasi pakan ampas tahu dan ampas kelapa terfermentasi berpengaruh nyata dalam meningkatkan bobot tubuh ikan nila (Oreochromis niloticus Linn.) dan (2) pemberian kombinasi pakan ampas tahu dan ampas kelapa terfermentasi tidak berpengaruh terhadap kesehatan ikan nila (Oreochromis niloticus Linn.).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN AMPAS TAHU FERMENTASI SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG KEDELAI DALAM FORMULASI PAKAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Muhsinah, 2019)

PENGARUH PENAMBAHAN ANGGUR LAUT (CAULERPA LENTILLIFERA) DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA SALIN(OREOCHROMIS NILOTICUS LINN) (Zulfikar, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN MADU PADA PAKAN TERHADAP PERKEMBANGAN GONAD IKAN NILA BETINA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Nur Azizah, 2018)

KINERJA PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN IKAN NILA MERAH (OREOCHROMIS NILOTICUS) DENGAN PENAMBAHAN VITAMIN C YANG BERBEDA (Akmal Khaliq, 2021)

PENGARUH KOMBINASI PAKAN BIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA M.) DAN BIJI LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA D.) TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS L.), IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO L.) DAN IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY LAC.) (NURUL WASILAH, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy