//

KEPADATAN POPULASI DAN KARAKTERISTIK HABITAT THALASSINA SCORPIONIDES (RAMA-RAMA) DI EKOSISTEM MANGROVE SUNGAI REULEUNG KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULFIKAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zulfikar. 2017. Kepadatan Populasi dan Karakteristik Habitat Thalassina scorpionides (Rama-Rama) di Ekosistem Mangrove Sungai Reuleung Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Ali S., M.Si. (2) Mimie Saputri, S.Pd., M.EEL Kata kunci: Kepadatan populasi, karakteristik habitat, Thalassina scorpionides (Rama Rama), Ekosistem mangrove. Thalassina scorpionides (Rama-Rama) termasuk ke dalam genus Thalassina dan berperan sebagai detritivor. Penelitian tentang “Kepadatan Populasi dan Karakteristik Habitat Thalassina scorpionides (Rama-Rama) di Ekosistem Mangrove Sungai Reuleung Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar” telah dilaksanakan pada bulan Juli s.d Agustus 2017 di Ekosistem Mangrove Sungai Reuleung Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kepadatan populasi dan (2) Mengetahui karakteristik habitat T. scorpionides (Rama-rama). Data diperoleh melalui metode survei dengan teknik purposive sampling. Lokasi pengambilan sampel dibagi kedalam 5 stasiun dan setiap stasiun memiliki 3 plot dengan ukuran 2m x 2m. Analisis menggunakan rumus kepadatan populasi sedangkan karakteristik habitat dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh kepadatan populasi T. scorpionides pada stasiun I adalah tiga ind/m2, stasiun II satu ind/m2, stasiun III 1 ind/m2, stasiun IV 1 ind/m2, dan stasiun V 2 ind/m2. Kepadatan populasi keseluruhan adalah 2 ind/m2. Kepadatan populasi T. scorpionides paling banyak ditemukan pada stasiun I dan kepadatan populasi yang terendah ditemukan pada stasiun III. Habitat yang dihuni oleh T. scorpionides dipenuhi oleh tumbuhan mangrove yaitu Sonneratia sp, Nypa fruticans dan Rhizopora apiculata dan hewan yang mendominasi adalah Faunus ater, Neritina turrita, Cerithium corralium, Plotia scabra dan Neritodryas clubia. Faktor abiotik pada habitat T. scorpionides yaitu subtrat berupa liat berpasir tanah, kerikil halus, lumpur berserasah, kerikil berlumpur, berlumpur dan bercampur liat. Suhu air berkisar 25oC–31oC, suhu udara 25oC–33oC, salinitas berkisar 17‰–22‰, dan pH tanah berkisar 5–7,2, serta pH air berkisar 5-7,4.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KERAPATAN SPESIES MANGROVE DENGAN KEPADATAN MAKROZOOBENTHOS DI SUNGAI REULEUNG LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (ARI FIRNANDA, 2015)

PARTISIPASI MASYARAKAT DAN KONDISI EKOSISTEM MANGROVE DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Mulyana Sari, 2013)

KEPADATAN DAN KARAKTERISTIK HABITAT KEPITING BIOLA (UCASPP.) DI EKOSISTEM MANGROVE KAWASAN RANCONG GAMPONGBATUPHAT TIMUR KECAMATAN MUARA SATU KOTA LHOKSEUMAWE (RISKA OCTAVIA, 2019)

KEPADATAN POPULASI DAN PREFERENSI HABITAT BABI LAUT BERTUDUNG (COLOBOCENTROTUS ATRATUS) DI PANTAI RIETING KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Luthfi Azmi, 2016)

KEPADATAN POPULASI DAN KARAKTERISTIK HABITAT KECOA LAUT (LIGIA SP) DI ZONA LITORAL PANTAI RITIENG KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR. (Mhd. Abrar Tanjung, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy