//

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 1KUTA BARO ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ikhsan - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
COMMUNICATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Pembentukan Moral Siswa di SMP Negeri 1 Kuta Baro Aceh Besar.” Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan di dalam proses belajar mengajar dan faktor apa saja yang menjadi kendala guru PKn dalam membentuk moral siswanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal seperti apa yang diterapkan guru PKn untuk membentuk moral siswanya. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal dengan menggunakan pendekatan interaksi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi interpersonal guru dalam pembentukan moral siswa. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa di SMP Negeri 1 Kuta Baro Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh guru PKn yaitu dengan komunikasi tatap muka dengan cara memanggil siswa yang bersangkutan. Siswa yang dimaksud seperti yang melanggar peraturan sekolah, berkata kasar, dan berperilaku tidak bermoral lainnya. Guru PKn juga menggunakan komunikasi secara verbal dan non-verbal dengan baik, serta menerapkan komunikasi interpersonal yang efektif berupa perencanaan dan manajemen yang baik seperti persiapan tema yang menarik, suasana kelas yang nyaman, proses belajar yang menyenangkan dan sebagainya. Adapun kendala yang dihadapi adalah bahasa, dimana beberapa siswa masih susah memahami pesan yang disampaikan guru dengan bahasa Indonesia karena pada umumnya mereka masih terbiasa dengan bahasa Aceh. Kata kunci: Strategi Komunikasi interpersonal, Guru dan Siswa, Pembentukan Moral.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBINAAN MORAL REMAJA DI SEKOLAH (STUDI TERHADAP GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 8 DARUSSALAM BANDA ACEH) (Fahmi Ramadhan, 2018)

MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI I KUTA BARO ACEH BESAR (Rita Zahara, 2020)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUTAR ACEH SINGKIL (Lukman, 2018)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Firdaus, 2018)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL YANG DITERAPKAN USTADZ DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MANAR ACEH BESAR (Ashabul Yamin Asgha, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy