//

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ajirna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ajirna. 2017. Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka di SD Negeri 20 Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs, M. Nasir Yusuf,M.Kes., (2) Dra. Hasmiana Hasan, MS.i. Kata Kunci: upaya, pembentukan karakter, kegiatan pramuka Pendidikan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler hadir sebagai wahana untuk pembentukan karakter siswa, namun banyak kejadian yang menunjukkan kurang baiknya karakter dan moral peserta didik di lingkungan sekolah seperti tidak mengikuti latihan pramuka, mengganggu teman ketika latihan, tidak bertanggung jawab, kurang disiplin dan kurangnya pengetahuan tentang pentingya pendidikan karakter. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pramuka di SD Negeri 20 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pramuka di SD Negeri 20 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan mengetahui upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pramuka di SD Negeri 20 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah mereka yang terlibat dalam kegiatan kepramukaan di SD Negeri 20 Banda Aceh yang terdiri dari 2 orang Pembina pramuka dan 15 anggota pramuka yang diambil secara purposive. Objek penelitian ini adalah upaya pembentukan karakter melalui kegiatan pramuka di SD Negeri 20 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa upaya yang dilakukan pembina pramuka dalam membentuk karakter siswa yaitu dengan cara mengadakan kegiatan latihan rutin setiap hari sabtu, mengajarkan berbagai permainan yang menarik dan menyenangkan kemudian melaksanakan kegiatan perkemahan setiap semester. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan pembina pramuka sudah baik yaitu dengan pembiasaan, pemberian contoh teladan, penugasan dan nasehat-nasehat .

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Irmayanti, 2016)

PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH (MIFTAHUL JANNAH, 2018)

PELAKSANAAN KEGIATAN EXTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 1 BANDA ACEH (EVA DIANA, 2019)

EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA KELAS V SD NEGERI 11 BANDA ACEH (FAUDIN BINTARI, 2021)

PELAKSANAAN PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR KEUMUMU LABUHAN HAJI TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (NOVIYAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy