//

STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI SD NEGERI 63 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Nurdiani - Personal Name
SubjectPSYCHOLOGY OF RELIGION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurdiani, Putri. 2017. Strategi Guru Dalam Menanamkan Perilaku Religius Siwa di SD Negeri 63 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Syraifah Habibah M.Pd (2) Intan Safiah, S.Ag, M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru, Penanaman Perilaku Religius Strategi yang dilakukan guru dalam penanaman perilaku religius merupakan salah satu komponen terpenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Strategi tersebut nantinya akan sangat berpengaruh pada tingkat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai religius siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam menanamkan perilaku religius siswa dan apa saja kendala guru dalam menanamkan perilaku religius siswa di SD Negeri 63 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam menanamkan perilaku religius siswa dan untuk mengetahui apa saja kendala guru dalam menanamkan perilaku religius siswa di SD Negeri 63 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 63 Banda Aceh dengan subjek penelitian 4 orang guru kelas dan 1 orang guru bidang studi pendidikan agama islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan wawancara, data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara diolah dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam menanamkan perilaku religius siswa melalui pendekatan personal terhadap siswa, perintah atau nasehat untuk beribadah sesuai ketentuan agama dan tepat pada waktunya, larangan untuk tidak melanggar aturan-aturan yang berlaku di sekolah, memberi hukuman bila peserta didik membuat kesalahan, keteladanan, dan pembiasaan yang baik. Adapun yang menjadi kendala guru dalam menanamkan perilaku religius siswa yaitu kurangnya kesadaran dari diri siswa itu sendiri untuk berperilaku religius, fasilitias yang kurang memadai untuk kegiatan keagamaan seperti tidak adanya Al-Qur’an, mushalla yang sempit, dan tempat wudhu, waktu yang kurang untuk kegiatan keagamaan seperti jam pelajaran untuk pelajaran PAI dan kurangnya dukungan dari orang tua siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SISWA SMP NEGERI 1 JEUMPA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Benny Setiawan, 2019)

PEMBINAAN NILAI NASIONALISME PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI SAMUDERA ACEH UTARA (Roslina, 2013)

PERAN GURU DALAM MEMBINA PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA MELALUI UKS DI SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Fitria Kartika, 2016)

KONDISI KEHIDUPAN KELUARGA TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI SEKOLAH (SUATU STUDI DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH) (Tri Yulia Adha, 2013)

STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 6 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (Firdiansyah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy