//

PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN KONSENTRASI AKTIVATOR NAOH PADA PEMBUATAN ADSORBEN DARI BATUBARA TERHADAP DAYA SERAP LOGAM MERKURI (HG) DALAM LIMBAH PENAMBANGAN EMAS TRADISIONAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rifqy Farhan - Personal Name
SubjectMETALS_CHEMISTRY
ADSORBENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Merkuri (Hg) merupakan salah satu logam berat yang banyak dipakai dalam proses ekstraksi emas pada tambang rakyat. Pembuangan limbah merkuri hasil pengolahan emas ini dapat menjadi masalah bagi lingkungan jika tidak di tangani terlebih dahulu. Penelitian ini memaparkan tentang cara mereduksi kandungan merkuri dalam limbah dengan metode adsorpsi. Adsorpsi dilakukan dengan menggunakan adsorben dari batu bara sub bituminus yang berasal dari PT Mifa Bersaudara dan sampel limbah merkuri diambil dari salah satu tambang rakyat di Tangse. Parameter yang dikaji adalah pengaruh ukuran partikel adsorben dan konsentrasi aktivator NaOH pada aktivasi kimia adsorben terhadap daya serap merkuri. Hasil penelitian menunjukkan adsorben dengan ukuran 100 mesh dan teraktivasi kimia NaOH 0,5 M merupakan yang paling optimum dalam mereduksi merkuri dalam limbah dengan nilai kapasitas dan efisiensi penyerapan masing-masing sebesar 4,084 mg/g dan 94 %. Kesetimbangan adsorpsi merkuri dalam penelitian ini cenderung mengikuti pola isoterm Langmuir dengan nilai korelasi (R2) sebesar 0,9632. Kajian kinetika adsorpsi mengikuti model orde dua dengan nilai korelasi (R2) sebesar 0,9979. Kata Kunci: merkuri, adsorpsi, batu bara, isoterm adsorpsi, kinetika adsorpsi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REDUKSI ION MERKURI DALAM LIMBAH CAIR PENAMBANGAN TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN BOTTOM ASH BONE COAL (Nail, 2018)

PERANCANGAN SLUICE BOX DENGAN PENAMBAHAN SERAT IJUK (ARRENGA PINATA0 PADA PERTAMBANGAN EMAS ARTISANAL GEUMPANG, PIDIE, ACEH (Muhammad Wildan, 2018)

DAYA SERAP AMPAS TEBU (SACHARUM OFFICANARUM, LINN) TERHADAP ION LOGAM MERKURI(II) (RIKA MASRINA DEWI, 2019)

PEMANFAATAN CANGKANG KOPI ARABIKA GAYO SEBAGAI KARBON AKTIF DALAM PENYERAPAN LOGAM PB (II) (LISA JUNIAR, 2019)

PEMBUATAN KARBON AKTIF DARI TEMPURUNG KELAPA DENGAN AKTIVATOR NAOH SERTA APLIKASI ADSORPSI MERKURI MENGGUNAKAN KOLOM UNGGUN TETAP (TATA ALFATAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy