//

PENGARUH FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DI PT SEMEN PADANG, BUKIT KARANG PUTIH INDARUNG, SUMATERA BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizqa Lailatul Adha - Personal Name
SubjectSTRUCTURAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Batugamping merupakan bahan baku utama dalam proses pembuatan semen. Karena sifatnya yang relatif keras sehingga tidak dapat digali secara langsung oleh alat gali muat excavator Caterpillar 6030. Untuk itu kegiatan penambangan batugamping di PT. Semen Padang dilakukan dengan peledakan dan selanjutnya dilakukan pemuatan menggunakan excavator Caterpillar 6030 dengan kapasitas bucket 17 m3. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan fragmentasi hasil peledakan yang mengoptimalkan produktivitas alat gali muat dengan melakukan perbaikan rancangan desain geometri peledakan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa produktivitas excavator Caterpillar 6030 akan optimal bila fragmentasi batugamping hasil peledakan berkisar ≤ 38 cm. Dari hasil analisa dengan menggunakan Software Split Desktop dan prediksi ukuran fragmentasi, diperoleh persentase hasil peledakan batugamping saat ini yang berukuran ≤ 38 cm sebesar 45,71% yang menyebabkan produktivitas excavator Caterpillar 6030 belum maksimal. Untuk meningkatkan produktivitas alat gali muat excavator Caterpillar 6030 dilakukan perbaikan rancangan desain geometri peledakan dengan metode ICI Explosive yaitu dengan membuat beberapa variasi diameter lubang ledak dari ukuran diameter 63,50 mm sampai 140 mm. Hasil perhitungan dengan menggunakan prediksi Kuz-Ram diperoleh fragmentasi batugamping hasil peledakan dengan persentase kelolosan ukuran ≤ 38 cm paling optimal sebesar 98,83% dengan menggunakan desain geometri peledakan yaitu; ukuran diameter lubang ledak 63,50 mm dan burden 1,6 m. Kata kunci: peledakan, fragmentasi batuan, Split Desktop, Model kuz-Ram, persentase, ICI Explosive, bucket excavator

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN TEKNIS GEOMETRI PELEDAKAN PADA LAPISAN INTERBURDEN B2C UNTUK MENDAPATKAN FRAGMENTASI YANG OPTIMAL DI LOKASI MUARA TIGA BESAR UTARA PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Widya Citra, 2017)

PERBANDINGAN FRAGMENTASI PELEDAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL DAN IMAGE ANALISIS DI PT SEMEN PADANG (PERSERO) TBK, BUKIT KARANG PUTIH INDARUNG SUMATERA BARAT (M Yudha Kurniawan, 2016)

ANALISIS PENGARUH FRAGMENTASI LIMESTONE HASIL PELEDAKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS EXCAVATOR CAT 390D DI QUARRY I PT LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR (KHANA RIZKI MAULANA, 2019)

REDESIGN GEOMETRI PELEDAKAN PADA BATUAN ANDESIT UNTUK MENGOPTIMALKAN FRAGMENTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP BIAYA OPERASIONAL PELEDAKAN DI LOKASI TOWNSITE BASECAMP (TSBC) PT BUKIT ASAM TBK (Yudi Sandy Pratama, 2018)

EVALUASI GEOMETRI PELEDAKAN PADA BATU GAMPING UNTUK MENGOPTIMALKAN FRAGMENTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP DIGGING TIME DI FRONT EXISTING PT. SEMEN PADANG (PERSERO) TBK (Anisyah Alquran Ni, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy