PENGEMBANGAN SOAL SETARA PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN SOAL SETARA PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA


Pengarang

T. MARWANDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200160002

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.26

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
T. Marwanda (2017), Pengembangan Soal Setara PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa


Selama ini siswa terbiasa menyelesaikan soal-soal yang bersifat rutin sehingga tidak menantang kemampuan literasi, komunikasi dan pemecahan masalah matematis. Siswa Indonesia perlu dibiasakan menyelesaikan soal-soal setara PISA untuk meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan soal PISA, tetapi ketersediaan soal tersebut masih terbatas. Terutama soal PISA untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal setara PISA yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan tipe formative evaluation oleh Tessmer, meliputi expert review, one-to-one, small group dan field test. Subjek uji coba penelitian ini adalah 60 siswa kelas IX SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Penelitian ini menghasilkan 15 butir soal setara PISA yang bentuk uraian. Validitas soal diperoleh dari hasil telaah dan saran beberapa ahli yang digunakan untuk merevisi soal. Kepraktisan soal diperoleh dari penilaian praktisi yaitu dari kalangan guru senior mata pelajaran matematika. Efek potensial diperoleh berdasarkan hasil angket respon, wawancara serta komentar tertulis siswa saat uji coba field test. Berdasarkan analisis penelitian diperoleh bahwa soal setara PISA yang dikembangkan valid, praktis dan memiliki efek potensial. Implikasi dari penelitian ini adalah guru matematika dapat menggunakan soal ini untuk membiasakan siswa menjawab soal-soal setara PISA terutama untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis.

Kata kunci: PISA, Soal komunikasi matematis, Pemecahan masalah matematis




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK