//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAINT (POE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rida Royani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Royani, Rida. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Elisa, M.Si., (2) Drs. Tarmizi, M.Pd Kata kunci: model pembelajaran, model POE, motivasi Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah pemilihan model pembelajaran, dimana salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah Predict-Observe-Explain (POE) yang membuat siswa aktif membangun sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), aktifitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta respon siswa terhadap penerapan model POE. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sujek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 30 orang siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket motivasi belajar, dan respon siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan, mengamati aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, menilai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar keseluruahan siswa meningkat dari siklus I sebesar 3.06, siklus II sebesar 3.3 dan pada siklus III sebesar 3.55. Aktivitas guru dan siswa pada siklus I terdapat 6 aktivitas yang tidak sesuai, sedangkan siklus II hanya 3 yang tidak sesuai, dan pada siklus III tidak ada lagi aktivitas yang tidak sesuai dengan alokasi waktu. Keterampilan guru mengelola pembelajaran siklus I sebesar 2.59 berkategori Cukup Baik, siklus II sebesar 3.47 berkategori Baik dan siklus III sebesar 3.9 berkategori Baik Sekali. Dan respon siswa terhadap pembelajaran sangat baik . Simpulan penelitian ini adalah motivasi belajar belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Banda Aceh sudah mengalami peningkatan, aktivitas guru dan siswa sudah mencerminkan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), guru semakin terampil dalam mengelola pembelajaran dengan model Predict-Observe-Explain (POE) dan respon siswa terhadap pembelajaran sangat baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa senang dalam pembelajan dengan model POE. Kata kunci : model pembelajaran, model POE, motivasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DALAM KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH. (Syarifah Erni Junita, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (Zaini Fuza, 2014)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH (RAHMAYANTI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy