//

ANALISIS UNSUR CINTA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nisrina Zahara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nisrina Zahara. 2017. Analisis Unsur Cinta dalam Perspektif Islam pada Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia. Skripsi., Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Mohd. Harun, M.Pd., (2) Drs. Denni Iskandar, M.Pd. Kata Kunci : unsur cinta dalam perspektif Islam, novel, teknik penggambaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) unsur cinta dalam perspektif Islam pada novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia, (2) cara penggambaran unsur cinta dalam perspektif Islam pada novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia yang diterbitkan oleh Asma Nadia Publishing House pada tahun 2014 dan memiliki ketebalan 300 halaman yang terdiri dari 22 subbab. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif, yakni membaca novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia kemudian mendeskripsikan atau menjelaskan unsur cinta dalam perspektif Islam yang terdapat dalam novel tersebut dalam bentuk uraian. Hasil analisis data ditemukan tujuh jenis unsur cinta yang terkandung dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia, yaitu: (1) cinta mahabbah, (2) cinta syaghaf, (3) cinta shabwah, (4) cinta mail, (5) cinta hazanu, (6) cinta kulfah, (7) cinta syauq. Dari ketujuh jenis unsur cinta dalam perspektif Islam tersebut yang paling dominan adalah jenis cinta mahabbah. Unsur cinta yang dialami tokoh dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia digambarkan melalui teknik ekspositori dan teknik dramatik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS UNSUR CINTA DALAM NOVEL TEMPAT PALING SUNYI KARYA ARAFAT NUR (Uswatul Khairi, 2016)

ANALISIS GAYA BAHASA PERTENTANGAN DALAM NOVEL CATATAN HATI SEORANG ISTRI KARYA ASMA NADIA CATATAN HATI SEORANG ISTRI KARYA ASMA NADIA (Hidayani, 2016)

NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA (FITRI ANDRIANI, 2021)

UNSUR ROMANTIS DALAM NOVEL BURUNG TERBANG DI KELAM MALAM KARYA ARAFAT NUR (RUSMITASARI , 2016)

ANALISIS TOKOH DAN TEKNIK PELUKISAN TOKOH DALAM NOVEL BIDADARI BERBISIK KARYA ASMA NADIA (NOVA ARIANI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy