//

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI BINTARO (CERBERA ODOLLAM GAERTN) TERHADAP KINERJA MESIN DIESEL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AULIA RIZKI - Personal Name
SubjectDIESEL ENGINES
BIODIESEL FUEL
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Bintaro adalah jenis tanaman yang hidup di pesisir pantai dan buahnya tidak terpakai karena mengandung racun. Penelitian ini bertujuan untuk membuat biodiesel dari biji bintaro dan menguji kinerja prestasi mesin diesel menggunakan campuran bahan bakar biodiesel dari biji bintaro dengan pertamina dex. Langkah awal dilakukan pembuatan minyak biodiesel dengan beberapa proses pembuatan dan kemudian dilakukan pengujian karakteristik biodiesel sebelum digunakan. Pengujian kinerja mesin diesel dilakukan pada mesin RUGGERINI HT 51 dengan putaran maksimal 3600 rpm. Pengujian dilakukan dengan tiga variasi campuran bahan bakar biodiesel bintaro yaitu B-10, B-20 dan B-30 dan pertamina dex atau B-0 sebagai bahan bakar pembanding untuk mengetahui daya yang dibangkitkan mesin, konsumsi bahan bakar spesifik dan efisiensi thermal dari mesin diesel ini. Hasil yang diperoleh dari pengujian ini adalah daya yang dibangkitkan oleh bahan bakar B-20 lebih besar dibandingkan dengan ketiga bahan bakar lainnya. Hasil yang diperoleh dari konsumsi bahan bakar spesifik lebih bervariasi antara semua bahan bakar yang digunakan akan tetapi hasil dari bahan bakar B-10 ada sedikit perbedaan antara yang lainnya, efisiensi thermal tertinggi dari mesin ini adalah dengan menggunakan bahan bakar B-20 yang diikuti oleh bahan bakar B-30. Jadi dapat disimpulkan bahwa menggunakan 20% biodiesel bintaro akan menghasilkan kinerja mesin diesel yang lebih tinggi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI BINTARO (CERBERA ODOLLAM GAERTN) TERHADAP KINERJA MESIN DIESEL (AULIA RIZKI, 2017)

KAJI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MESIN DIESEL MEMANFAATKAN CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI BUTA-BUTA (HURA CREPITANS LINN) (NANDA SAPTIA, 2018)

PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK BIJI BINTARO MENGUNAKAN ABU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)SEBAGAI KATALIS (NURIZA, 2018)

PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK BIJI BINTARO MENGGUNAKAN ABU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) SEBAGAI KATALIS (MELIZA GHARSINA, 2018)

KAJI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MESIN DIESEL MEMANFAATKAN CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA) (RIZAL AIYUBI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy