//

KAJI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MESIN DIESEL MEMANFAATKAN CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZAL AIYUBI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ketergantungan masyarakat indonesia pada zaman moderen ini sangat tergantung pada bahan bakar minyak untuk membantu aktifitas kehidupan sehari hari. Pemakaian bahan bakar minyak tertinggi terdapat pada sektor transportasi dan pabrik-pabrik. Dari beberapa jenis minyak yang digunakan untuk transportasi dan pabrik minyak solar adalah kebutuhan yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis minyak lainnya sehingga dapat dipastikan cadangan bahan bakar fosilsemakin berkurang ataupun habis, sehingga harus mencari bahan bakar alternatif yaitu biodiesel. Bahan baku yang digunakan biodiesel adalah biji alpukat. Kandungan minyak biji alpukat berkisar antara 15 - 25%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik biodiesel dan pengujian unjuk kerja mesin diesel. Biodiesel ini didapatkan melalui proses esterifikasi dan transesterifikasi. Penelitian ini menggunakan bahan bakar campuran biodiesel minyak biji alpukat dengan pertamina dex yaitu (B-5) 5%:95%, (B-15) 15%:85%, dan (B-25) 25%:75% dan (B-0) sebagai pembanding. Pengujian dilakukan di laboratorium motor bakar dan sistem propulsi jurusan teknik mesin unsyiah dengan menggunakan mesin diesel RUGGERINI HT-51 dengan daya maksimum 3 kw/3600 rpm. Karakteristik biodiesel minyak biji alpukat memenuhi SNI untuk biodiesel. Biodiesel yang dihasilkan memiliki karakterisitik viskositas kinematis 4.48 mm2/s; massa jenis 879.20 kg/m3; titik nyala 216 0C; nilai kalor 39.37 MJ/kg; dan jumlah bilangan asam 0,27 mgKOH/g. Hasil unjuk kinerja menunjukkan dari ke empat variasi bahan bakar, B-15 menghasilkan kinerja mesin optimum pada putaran 3500 rpm. Pada putaran ini diperoleh daya maksimum 1,90 kW, jumlah konsumsi bahan bakar spesifik terendah putaran 2000 (rpm) adalah 0,34 kg/kW jam pada bahan bakar B-15, dan efisiensi termal tertinggi pada bahan bakar B-15 dengan putaran 2000 (rpm) adalah 14,05 %.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MESIN DIESEL MEMANFAATKAN CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI BUTA-BUTA (HURA CREPITANS LINN) (NANDA SAPTIA, 2018)

KAJI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MESIN DIESEL MEMANFAATKAN CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA) (RIZAL AIYUBI, 2017)

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN CAMPURAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABIKA) DAN EKSTRAK KULIT BUAH ALPUKAT (PERSEA AMERICANA. MILL) (NANDA YULIA, 2020)

KAJI EKPERIMENTAL PERFORMANSI MESIN DIESEL DENGAN PEMANFAATAN BAHAN BAKAR NABATI DARI BIJI KARET ( HEVEA BRASILIENSIS) (SAMSUL BAHRI, 2018)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI BINTARO (CERBERA ODOLLAM GAERTN) TERHADAP KINERJA MESIN DIESEL (AULIA RIZKI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy