//

PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PERUSAHAAN PENGOLAHAN BUBUK KOPI DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Muharrozaq - Personal Name
SubjectCOST ACCOUNTING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perhitungan harga pokok produksi dengan metode activity based costing (ABC) adalah suatu metode perhitungan menjelaskan bahwa produk atau jasa dari suatu perusahaan merupakan hasil dari suatu aktivitas, maka aktivitaslah yang menyebabkan timbulnya biaya, bukan dari produk. Tujuan penelitian ini untuk menghitung dan membandingkan penerapan perhitungan harga pokok produksi sistem tradisional dengan sistem Activity Based Costing (ABC) dan untuk mengetahui bagaimana manfaat penerapan sistem ABC pada industri pengolahan bubuk kopi di Provinsi Aceh, yaitu pada perusahaan PT. Indo Cufco, CV, Kupi Lampineung, UD. Kupi Teungku Aceh, UD. Degood Gayo Coffee, dan UD. Raya Coffee Arabica. Hasil perhitungan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode tradisional pada PT. Indo Cufco sebesar Rp.348.062,75/ kg, CV. Kupi Lampineung sebesar Rp. 57.215/ kg, UD. Kupi Teungku Aceh sebesar Rp. 34.750,7/ kg, UD. Degood Gayo Coffee sebesar Rp. 473.332/ kg, dan UD. Raya Coffee Arabica sebesar Rp.131.408/ kg. Hasil perhitungan harga pokok produsi dengan system activity based costing memperoleh hasil perhitungan pada PT. Indo Cufco sebesar Rp 347.459,75/kg, CV. Kupi Lampineung sebesar Rp. 53.211/ kg, UD. Kupi Teungku Aceh sebesar Rp. 34.811,12/ kg, UD. Degood Gayo Coffee sebesar Rp. 476.374,6/ kg, dan UD. Raya Coffee Arabica sebesar Rp.131.399/kg. Hasil perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode ABC jika dibandingkan dengan metode yang digunakan perusahaan terdapat selisih pada PT. Indo Cufco sebesar Rp.603/kg, CV. Kupi Lampineung sebesar Rp.4.004/kg, UD. Kupi Teungku Aceh sebesar - Rp.60.42/kg, UD. Degood Gayo Coffee sebesar -Rp.3.042,6/kg, dan UD. Raya Coffee Arabica sebesar Rp.9/kg. Kata kunci: harga pokok produksi, metode tradisional, activity based costing

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI TIME DRIVEN ACTIVITY BASED COSTING PADA ENTITAS BISNIS KECIL KOPI (STUDI EXPLORATIF PADA ENTITAS BISNIS KECIL KOPI DI BANDA ACEH) (RISA SHABRINA, 2019)

ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI PADA PERUSAHAAN SOCOLATTE DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Fitri Handayani, 2017)

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN PENERAPAN METODE FULL COSTING PADA UMKM KOTA BANDA ACEH (Mifta Maghfirah, 2016)

ANALISIS PENERAPAN METODE VARIABLE COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UKM DI BANDA ACEH (VANDA NOVITA SARI, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN PENENTUAN HARGA POKOK PELAYANAN KAMAR HOTEL DENGAN METODE ¬TIME-DRIVEN ACTIVITY-BASED COSTING PADA HOTEL GRAND NANGGROE BANDA ACEH (LIVYA ZAHARA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

¬© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy