//

STRATIFIKASI HABITAT DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG DI EKOSISTEM SPESIFIK RAWA GAMBUT TRIPA GAMPONG BABAH LUENG, TRIPA MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M AMIN - Personal Name
SubjectBIRD-ZOOLOGY
KEANEKARAGAMAN BURUNG
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK M Amin. 2017. Stratifikasi Habitat dan Keanekaragaman Burung di Ekosistem Spesifik Rawa Gambut Tripa Gampong Babah Lueng, Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Abdullah, M. Si., (2) Dr. Ismul Huda, M.Si. Kata Kunci: Stratifikasi Habitat, Keanekaragaman, Rawa Gambut Tripa, Burung Burung adalah salah satu kekayaan hayati yang dimiliki Indonesia. Keberadaan pakan, tempat bersarang dan singgah merupakan faktor yang mempengaruhi kekayaan spesies burung pada tingkat lokal. Penelitian tentang stratifikasi habitat dan keanekaragaman burung bertujuan untuk mendeskripsikan stratifikasi habitat pada spesies burung, dan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman burung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi teknik sampling Line transek. Faktor yang diukur sebagai parameter dalam penelitian ini adalah stratifikasi habitat burung pada setiap kanopi, keanekaragaman burung dan faktor fisik lingkungan meliputi suhu, pH dan kelembaban udara. Penelitian dilakukan selama 4 hari, yaitu pengamatan pertama dimulai tanggal 31 Juli 2017 dan pengamatan terakhir pada tanggal 03 Agustus 2017. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan rumus indeks keanekaragaman (diversity inde) Shannon-Weaver. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stratifikasi habitat dan keanakeragaman burung di Ekosistem Spesifik Rawa Gambut Tripa Gampong Babah Lueng, Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya adalah jumlah burung terbanyak ditemukan pada stratum C, yaitu lapisan tajuk ketiga dari atas yang dibentuk oleh pohon-pohon dengan ketinggian 4-20 meter, dan jumlah burung terendah ditemukan pada stratum B, yaitu lapisan tajuk kedua dari atas yang dibentuk oleh pohon-pohon yang tingginya 20-30 meter. Keanekaragaman burung (H ̅) di Ekosistem Spesifik Rawa Gambut Tripa Gampong Babah Lueng, Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya tergolong sedang dengan nilai 2,3552.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN JENIS-JENIS BURUNG PADA TIPE HABITAT YANG BERBEDA DI KAWASAN DESA ALUS-ALUS KABUPATEN SIMEULUE (Rika Susanti, 2019)

PERBANDINGAN KEANEKARAGAMAN DAN DOMINANSI JENIS BURUNG PADA TIGA EKOSISTEM YANG BERBEDA DI KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (NADIA FITRIA, 2016)

PENCADANGAN DAN PELESTARIAN FUNGSI EKOSISTEM GAMBUT SEBAGAI UPAYA PEMELIHARAAN EKOSISTEM GAMBUT DI KABUPATEN NAGAN RAYA (Zulfikar Irhas, 2017)

KERAGAMAN IKAN DI PERAIRAN ESTUARIA RAWA GAMBUT TRIPA, PROVINSI ACEH (QURRATA AKYUN, 2014)

IDENTIFIKASI DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG DI HUTAN PINING KABUPATEN GAYO LUES DALAM KAWASAN EKOSISTEM LEUSER (Zurfika Ramayanti, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy