//

PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA WAJIB KURIKULUM 2013 DI SMAN SE-KOTA BANDA ACEH TAHUN 2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Heru Kurniawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kurniawan, Heru. 2017. Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Wajib Kurikulum 2013 di SMAN se-Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Saifuddin, M.Pd (2) Drs. Alfian Rinaldy, M.Pd Kata kunci: pelaksanaan, Pramuka wajib Kurikulum 2013, SMAN se-Kota Banda Aceh. Ekstrakurikuler merupakan salah satu perangkat operasional (supplement dan complements) dalam kurikulum sekolah. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah, kegiatan ekstrakurikuler wajib merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan hambatan dalam ekstrakurikuler pramuka wajib kurikulum 2013 di SMAN se-Kota Banda Aceh Tahun 2016. Jenis penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian deskriptif yang bersifat aktual ataupun yang menggambarkan peristiwa yang terjadi pada saat sekarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pembina Pramuka dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan di SMAN se-Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 75 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah porposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif, Informasi yang dikumpulkan melalui pedoman wawancara yang telah dipersiapkan akan ditampilkan dan akan diberikan makna teoritik dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka secara keseluruhan belum berjalan maksimal. Dari pihak sekolah sebenarnya memberikan beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka, diantaranya adanya program, tersedia sarana prasarana, dan sekolah menyediakan dana yang berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Selain dari pihak sekolah faktor lain adalah dukungan orang tua siswa. Akan tetapi dalam pelaksanaan eksrakurikuler pramuka, program dari kegiatan rutin setiap minggu pelaksanaannya tidak sesuai dengan progam sekolah, siswa kurang disiplin saat mengikuti ekstrakurikuler pramuka, dan yang terakhir jumlah pembina pramuka tidak sebanding dengan jumlah siswa ekstrakurikuler pramuka.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH (Syahrina Dhahirah,ab, 2017)

PELAKSANAAN KEGIATAN EXTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 1 BANDA ACEH (EVA DIANA, 2019)

PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMK NEGERI 2 SIGLI TAHUN AJARAN 2020/2021 (AFZAL, 2021)

PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH (MIFTAHUL JANNAH, 2018)

KENDALA GURU FISIKA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMAN KOTA BANDA ACEH (Kiki Fajariani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy