DAMPAK PASAR MODERN (ALFAMART) TERHADAP USAHA PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

DAMPAK PASAR MODERN (ALFAMART) TERHADAP USAHA PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Annisa Hadif Nst - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1301101010015

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Judul : Dampak Pasar Modern (Alfamart) Terhadap Usaha Pasar
Tradisional di Kabupaten Aceh Besar
Nama : Annisa Hadif Nst
NIM : 1301101010015
Fakultas : Ekonomi dan Bisnis
Jurusan : Ekonomi Pembangunan
Dosen Pembimbing : Dr. Abd. Jamal, S.E.,M.Si

Berdirinya Gerai Alfamart di Kabupaten Aceh Besar menjadi ancaman bagi pedagang pasar tradisional karena jenis barang yang dijual relatif sama. Konsumen dapat menentukan preferensi antara pasar modern dengan pasar tradisional. Tujuan Penelitian ini adalah melihat dampak yang ditimbulkan dari pasar modern (Alfamart) terhadap jumlah pengunjung,omset, dan laba pedagang di pasar tradisional. Ruang lingkup penelitian ini yaitu usaha pasar tradisional di Kabupaten Aceh Besar dengan membagi persebaran distribusi sampel secara proporsional di beberapa kecamatan yang lokasi pasar tradisionalnya memiliki jarak yang relatif dekat dengan pasar modern. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan media kuesioner dan wawancara. Hampir 50 persen dari total responden mulai merasakan dampak setelah adanya pasar modern, yaitu berupa penurunan omset dan laba. Meskipun dampak yang ditimbulkan belum begitu besar namun para pedagang pasar tradisional seharusnya melakukan perubahan strategi dan memberikan fasilitas yang baik bagi konsumen agar mampu bersaing dengan pasar modern. Pemerintah juga harus memperhatikan pasar tradisional dalam upaya meningkatkan kualitas barang yang dijual dan menjaga kestabilan harga. Pedagang pasar juga harus bisa meningkatkan usahanya dan dapat menjaga kebersihan serta kenyamanan agar konsumen tidak beralih ke pasar modern.
Kata Kunci : Pasar Modern, Usaha Pasar Tradisional, Dampak langsung

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK