//

PENGARUH PEMBERITAAN MEDIA CETAK SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA FISIP UNSYIAH PADA PEMILUKADA ACEH 2012.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmad Muhajir - Personal Name
SubjectPOLITICAL PARTICIPATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK RAHMAD MUHAJIR PENGARUH PEMBERITAAN MEDIA CETAK 2014 SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA FISIP UNSYIAH PADA PEMILUKADA ACEH 2012. (Vii,70), pp., tabl., app ( Dr. Husaini Ibrahim, M.A dan Drs. Zaenal Abidin, M.Si ) Keikutsertaan masyarakat dalam pemilu adalah sebuah bentuk atau pelaksanaan dari demokrasi secara langsung, demokrasi langsung yang diterapkan di negara-negara saat ini ialah demokrasi yang dilakukan hanya saat memilih pemimpin. FISIP sendiri adalah sebuah fakultas yang mempelajari ilmu politik, karena itulah diharapkan mahasiswanya menjadi harapan masyarakat Aceh dalam memahami politik secara mendalam. Mahasiswa juga membutuhkan media cetak Koran Serambi Indonesia yang dibaca setiap harinya untuk mendapatkan perkembangan politik yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberitaan media cetak Serambi Indonesia terhadap partisipasi politik mahasiswa FISIP UNSYIAH pada Pemilukada Aceh 2012 dan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh pemberitaannya. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Penelitian kepustakaan dilakukan untuk mendapatkan data sekunder dengan cara membaca buku-buku, peraturan perundang-undangan, dan bahan bacaan lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Selanjutnya penelitian lapangan untuk memperoleh data primer yang dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner kepada responden serta wawancara dengan informan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan kepada 220 sampel responden dengan menggunakan program SPSS bahwa nilai sig. 0,000 < α0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pemberitaan surat kabar Serambi Indonesia berpengaruh signifikan terhadap partisipasi mahasiswa FISIP UNSYIAH pada Pemilukada Aceh 2012. Berdasarkan grafik yang telah dikerjakan maka diketahui pemberitaan media cetak Serambi Indonesia memiliki pengaruh sebesar 38% pada mahasiswa Jurusan Ilmu Politik, 78% pada mahasiswa Ilmu Komunikasi, dan 50% pada mahasiswa Jurusan Ilmu Sosiologi. Adapun saran dari hasil penelitian ini kepada mahasiswa FISIP UNSYIAH, kedepannya semakin aktif memantau perkembangan politik melalui media yang ada seperti Koran Serambi Indonesia, dan semakin cerdas pula dalam memahami isi pemberitaan media cetak, serta diharapkan media cetak Serambi Indonesia semakin objektif dalam pemberitaannya dan melaksanakan fungsi sosial dalam rangka memberi pemahaman politik yang baik dan benar. Kata kunci : Pengaruh media cetak, partisipasi politik, mahasiswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERITAAN PEMILIHAN PRESIDEN PADA RUBRIK SERAMBI ELECTION HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Ayu Haryati, 2016)

KEPENTINGAN EKONOMI-POLITIK MEDIA DALAM PEMBERITAAN PADA MEDIA CETAK SERAMBI INDONESIA (RISKA KHAIRANI, 2019)

PARTISIPASI POLITIK NELAYAN DALAM PEMILUKADA ACEH 2012 DI DESA SEUBADEH KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Mhd. Amin, 2018)

PENGARUH BERITA POLITIK DALAM KORAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PENGETAHUAN POLITIK PEMUDA KEMUKIMAN SILANG CADEK, KECAMATAN BAITUSSALAM, KABUPATEN ACEH BESAR (Zeki Ramadani, 2017)

BENTUK PEMBERITAAN KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN KEPALA DAERAH ACEH DI HARIAN SERAMBI INDONESIA (Afrizal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy