//

PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS DAN BIAYA ALAT PEMADAT PADA PERKERASAN JALAN DI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Seri Ramadani - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
ROADS - REPAIR
HIGHWAYS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Persoalan yang sering dihadapi kontraktor ketika hendak melaksanakan suatu proyek adalah perencanaan biaya peralatan yang tidak sesuai dengan realisasi lapangan, sehingga mengakibatkan terjadinya pembengkakan biaya, serta sering sekali produktivitas penggunaan alat berat di lapangan tidak diperhatikan padahal itu sangat mempengaruhi proses pekerjaan selanjutnya. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian ini untuk membandingkan seberapa besar nilai produktivitas dan biaya yang dibutuhkan alat untuk beropersi dengan lokasi proyek yang berbeda. Alat yang diamati adalah Pneumatic Tire Roller (PTR), dimana penelitian ini dilakukan pada proyek I yaitu proyek Preservasi Rehabilitas Jalan Krueng Raya–Kota Banda Aceh– Lambaro–Batas Pidie dan Blang Bintang dengan tinjauan jalan Banda dan proyek II yaitu Proyek Peningkatan Jalan SP. Tungkup–Lambrita SP. Cot Paya (Otsus Aceh) dengan tinjauan jalan Tgk. Glee Iniem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan nilai produktivitas dan biaya yang dibutuhkan alat untuk beroperasi sebagai alat pemadat pada perkerasan jalan dengan lokasi yang berbeda. Penelitian ini hanya mengamati pada tahap pekerjaan pemadatan aspal AC–WC, dengan panjang jalan proyek I 1116 m dan proyek II 1200 m. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode distribusi frekuensi. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu berupa waktu siklus rata-rata proyek I x ̅=3619.1 detik dan proyek II x ̅= 4279,22 detik, Jumlah produktivitas alat pada proyek I adalah 92,491 m3/jam dengan biaya yang dibutuhkan Rp.340.012,51 per jamnya sedangkan pada proyek II produktivitasnya adalah 169,396 m3/jam dan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp.383.873,67 per jamnya. Setelah didapat nilai produktivitas dan biaya pengoperasian alat dapat dilihat bahwa pada proyek kedua nilainya lebih besar dibandingkan proyek yang pertama, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktor tersebut adalah besarnya nilai kapasitas alat dan efisiensi alat serta umur alat sehingga dapat mempengaruhi hasil produktivitas alat dan biaya yang dibutuhkan selama alat itu dioperasikan. Kata kunci : Pneumatic tire roller, Produktivitas, Biaya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENAMBAHAN ABU BOILER CANGKANG KELAPA SAWIT DALAM MENINGKATKAN KEKUATAN BETON RINGAN PADA PERKERASAN KAKU (M. ICHSAN ERLANDI, 2021)

KINERJA BETON PADA PERKERASAN KAKU DENGAN SUBSTITUSI POZZOLAN (HARISUDDIN, 2021)

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN ROADS TERHADAP MANAJEMEN LIMBAH PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (FAJRI PUTRA UTAMA, 2018)

PERBANDINGAN BIAYA PENANGANAN PERKERASAN KAKU DENGAN PERKERASAN LENTUR BERDASARKAN BUDGET PLAN (ADE MULYAWAN, 2019)

PENERAPAN VALUE ENGINEERINGRNRNPADA PEKERJAAN BANGU NAN BAWAHRNRNPENGGANDAAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH (JOHNNERI FERDIAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy